Integrasi Sosial Masyarakat Mutikultural di Kampung Nusantara

Eva Nurhayati, Yus Darusman, Iman Hilman

Abstract


Kehidupan masyarakat yang terintegrasi secara sosial untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis merupakan tujuan dari setiap wilayah yang ada di Indonesia, termasuk di kampung Nusantara. Masyarakat multikultural di kampung nusantara rentan terjadinya konflik sosial. Data dari tulisan ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian semua data dibuat deskripsi-kualitatif. Hasil dari observasi bahwa integrasi sosial pada masyarakat multikultural di kampung Nusantara terbentuk secara normatif fungsional. Integrasi sosial tersebut terjadi pada dimensi budaya dan dimensi sosial ekonomi. Sedangkan faktor yang mempengaruhi terbentuknya integrasi sosial tersebut adalah sikap toleran dari masyarakat serta kearifan lokal masyarakat multikultural di kampung Nusantara.



Keywords


Multikultural, Kerarifan lokal, Integrasi sosial

Full Text:

PDF

References


Eka Hendry, dan dkk. Integrasi Sosial dalam Masyarakat Multi Etnik. Walisongo Volume 21, no. 1 (2013): 191-218.

Eriyanti, Fitri. Aspek Sosio-Budaya, Kebijakan Pemerintah, dan Mentalitas yang Berpengaruh Terhadap Integrasi Sosial dalam Masyarakat Sumatera barat. Humanus Vol. 12, no. 1 (2013): 73-82

Ernas, Saidin. Dari Konflik ke Integrasi Sosual: Pelajaran dari Ambon, Maluku. Internasional jurnal of Islamic Thought Vol. 14, no. 2 (t.t): 2018.

Erna, Saidin, Heru Nugroho, dan Zuly Qodir. Dinamika Integrasi Sosial di Papua Fenomena Masyarakat Fakfak di Provinsi Papua Barat. Kawistara Volume 4, no. 1 (2014): 1-110.

Hartono, Yudi, dan Dewi Setiana. Kearifan Lokal Tradisi Uyrn Sapi Perajut Integrasi Sosial (Studi Kasus di Desa Jonggol Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo) Agastya Vol. 02. No. 1 (Januari2012): 52-65.

Khairul Anam Sidden. Multikulturalisme dalam Islam: Memahami Prinsip, Nilai, dan Tujuan Multikulturalisme dalam Islam untuk Mencapai Kualitas Keterpilihan. Yogyakarta: PPS UIN Sunan Kalijaga, 2009.

Koentjaraningrat. Masyarakat Desa di Indonesia. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1984.

Kurniawati, Dewi. Konflik dan Upaya Pengembangan Integrasi Sosial: Studi Kasus pada Masyarakat Desa Sukadana Udik dan Sukadana Ilir Kecamatan Bunga Mayang, Lampung Utara. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2017.

Mufidah, Aini. Pengembangan Integrasi Sosial Melalui Kearifan Lokl: Suku Jawa dan Suku Bali di Kampung Rama Utara Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. IAIN Raden Intan, 2017.

Nurman Said. Masyarakat Muslim Makasar: Studi Pola-pola Integrasi Sosial antara Muslim Pagam dengan Muslim Sossorang. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat DEPAG RI, 2009.

Parekh, Biku, Rethinking Multikulturalim : Keragaman Budaya, dan Teori Politik. Yogyakarta: Kanisius, 2008.

Said, Nurman. Islam dan Integrasi Sosial: Pergumulan antara Islam dan Tradisi Masyarakat Bugis. Tafsere Volume 3, no 2 (t.t.): 2015.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2006.

Suryaman, Nyoman. Kearifan Lokal ebagai Modal Sosial dalam Integrasi Antara Entik Bali dan Etnik Bugis di Desa Petang, Badung, Bali. Jurnal Kajian Bali Volume 07, no. 01 (2017): 17-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.