OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN BRAIN BASED LEARNING

Ivayuni Listiani

Abstract


Abstrak

Inovasi pembelajaran diperlukan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran pada kelas yang memiliki sebaran yang beranekaragam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Brain based Learning (BBL) dalam mengoptimalkan pembelajaran berdiferensiasi. Metode penelitian dilakukan menggunakan quasi-experiment dengan sampel sebanyak 38 mahasiswa di Universitas PGRI Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model BBL mampu mengoptimalkan pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini dikarenakan model pembelajaran BBL menekankan pada pengembangan potensi otak manusia, sehingga mahasiswa yang memiliki kemampuan kurang, sedang maupun tinggi dapat mengoptimalkan pengetahuan yang dimiliki melalui sintaks model BBL.

 


Keywords


Pembelajaran, Diferensiasi, Brain Based Learning, Kemampuan Akademik

Full Text:

PDF

References


Abdul, D., & Lidinillah, M. (2006). Perkembangan metakognitif dan pengaruhnya pada kemampuan belajar anak. Jakarta: Rineka Cipta

Bawaneh. A. K. A.,. Ahmad N. Md. Z.,. Salmiza S. dan Abdul. G. K. A. 2012. The Effect of a Brain-Based Teaching Method on Conceptual Change in Students' Understanding of Electricity. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education. 4 (2).

Darnila, E., & Heryati. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negri 1 Pemulutan Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Danadyaksa Historica, 1(2), 160–169.

Farida, I. (2021). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Brain Based Learning (Bbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematiks Terhadap Siswa. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 245–251. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i4.751

Ginanjar, A., & Mukti, S. (2013). Strategi Brain-Based Learning dalam Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya 2013 “Peran Matematika Dan Sistem Informasi Sebagai Basis Pengembangan IPTEK Di Indonesia.†darihttps://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/31940019/

Geethanjali, B., Kanagasabai, A., Mohan, J. 2018. Music Induced Emotion and Music Processing in the Brain- A Reeview. Journal of Clinical and Diagnostic Research 12 (1).

Gulpinar, M. (2005). The Principles of Brain-Based Learning and Constructivist Models in Education. Journal of Educational Science: Theory and Practice. (5).

Habe, K. 2010. Neuropsychology of music – a rapidly growing branch of psychology. Horizons of Psychology 19 (1). Dalam: http://psiholoska-obz orja.si/arhiv_clanki/2010_1/habe.pdf . Diakses 20 November 2022.

Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324–1330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298

Jensen, E. (2008). Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak: Cara Baru dalam Pengajaran dan Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prakoso, Y. A., Hannifah, Syafdi, M. 2017. Pengaruh Musik Klasik Terhadap Hasil dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMPN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 1 (1).

Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangka Pembelajaran dengan Model Doferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development Institut, 8(4), 310–319.

Sadrabad, A. K. Soghra E. G. dan Hamideh R. 2015. The Study of the Effectiveness of Brain-Based Learning on Self-Regulated Learning among Girl Students of First Grade in High School of Yazd. Biological Forum – An International Journal 7 (2).

Sobron, A. N., Titik, S., & Meidawati, S. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1395–1406.

Wayan, N., Anggraini, Y., Ristiati, N. P., Luh, N., Latria, P., & Ganesha, U. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning ( Bbl ) Dan Model Pembelajaran Langsung Terhadap. 3(April), 71–82.

Yusuf, Y. P. (2017). Strategi Brain Based Learning Dalam Pengajaran Bahasa Jepang Di Man Mojokerto. Paramasastra, 4(1). https://doi.org/10.26740/parama.v4i1.1485


Refbacks

  • There are currently no refbacks.