PENERAPANAN POJOK BACA UNTUK PEMBIASAAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN BULAK

Cerianing Putri Pratiwi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembiasaan membaca dan menulis melalui pojok baca siswa kelas IV SDN Bulak. Keterampilan membaca dan menulis merupakan keterampilan dalam berbahasa yang sangat penting untuk diterapkan di sekolah. Melalui pojok baca peserta didik diharapkan sering membaca dan menulis untuk mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat setelah melakukan kegiatan di pojok baca. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan selama penelitian. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan analisis data yang didapatkan selama proses penelitian yaitu siswa cukup aktif dalam pembiasaan membaca di pojok baca tetapi ada beberapa siswa yang kurang dalam pembiasaan membaca. Hasil dari kegiatan membaca di pojok baca yaitu ada beberapa siswa yang memperhatikan dengan baik seperti mengucapkan kalimat dengan jelas, memperhatikan intonasi yang tepat sesuai dengan tanda bacanya, dan membaca kalimat dengan volume suara yang keras saat membaca. Setelah membaca siswa juga menerapkan kegiatan menulis untuk mengetahui keterampilan menulis setiap siswa. Hasil dari kegiatan menulis di pojok baca yaitu ada beberapa siswa yang menulis memperhatikan kejelasan isi bacaan yang disampaikan, dan kerapian dalam menulis. Kegiatan membaca dan menulis melalui pojok baca sangat membantu siswa untuk menumbuhkan minat semangat dalam keterampilan membaca dan menulis.

 

Keywords


Pojok Baca, Membaca, Menulis

Full Text:

PDF

References


Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, K. (2012). Bahasa Indonesia Keilmuan untuk Perguruan Tinggi. Bandung: PT Refika Aditama.

Nugroho, A. H., Puspitasari, R. & Puspitasari, E. (2016). Implementasi Gemar Membaca melalui Program Pojok Baca dalam Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Sumber. Jurnal Edueksos, 5(2), 187-206.

Nurjamal, D. Sumirat, W. & Darwis, R. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Saddhono, K., & Slamet, St. Y. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sardila, V. (2016). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida’, 40(2), 110-117.

Slamet, St.Y. (2009). Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Triatma, I. N. (2016). Minat Baca pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166-178.

Umar, T. (2013). Perpustakaan Sekolah dalam Menanamkan Budaya Membaca. Khizanah al- Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 1(2), 123-130.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.