IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XII IPS DI SMAN 1 TALAGA PADA MATA PELAJARAN INTERPRETASI CITRA FOTO

Dian Susilawati

Abstract


Pembelajaran Berbasis Proyek (project based learning/PjBL) merupakan salah satu stategi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran student centered (berpusat pada peserta didik). PjBL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. Pemahaman konsep dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran berbasis proyek diharapkan dapat membangun kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui produk atau hasil karya yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak implementasi strategi pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII IPS di SMAN 1 Talaga pada mata pelajaran interpretasi citra foto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS  yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 175 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas dengan jumlah 72 siswa yang diambil secara teknik random acak (simple random sampling). Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan melalui studi literatur dan internet searching untuk mencari data dan informasi riset dengan membaca jurnal ilmiah, buku-buku referensi yang tersedia sehingga dapat memberikan informasi yang berhubungan dengan masalah yang sedang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian kuantitiatif menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) tergolong kreatif denga rata-rata persentase 76,33%. Berdasarkan uji-t diperoleh t hitung = 8,02  dan t tabel = 2,03 dengan derajat bebas (db) yaitu 35  pada taraf signifikan α = 0,05. Maka dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan t hitung > t tabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dengan demikian keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model PjBL tergolong kreatif dan hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi interpretasi citra foto.

 

 


Keywords


Pembelajaran berbasis Proyek, Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Afriana, J. dkk. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2(2). 202

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. :. Jakarta: Rineka Cipta.

Asy'ari, M., Ikhsan, M., & Muhali, M. (2019, Nopember 18). The Effectiveness Of Inquiry Learning Model In Improving Prospective Teachers’ Metacognition Knowledge And Metacognition Awareness. Retrieved From International Jurnal Instruction: Https://Doi.Org/10.29333/Iji.2019.12229a

Biazus, M., & Mahtari, S. (2022). Dampak Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl) Terhadap Siswa Sekolah Menengah Pertama Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Internasional Kompetensi Esensial Dalam Pendidikan, 38-48.

Fathurrohman. (2006). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Safrina, Dewi.(2019). Keterampilan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning (Pjbl) Pada Materi Sistem Ekskresi Di MTsn 3 Bireuen, Banda Aceh : Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam

Saputro, Rudy. (2020). Kemampuan Berpikir Spasial Menggunakan Peta dan Citra Inderaja Pada Pembelajaran Geografi di SMA 1 Bae Kudus. Tesis, Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang

Slavin, R.E. 2011. Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.