KEBERADAAN MASYARAKAT ETNIS BELANDA DALAM AKTIVITAS KESEHARIAN DI KAMPUNG BELANDA KABUPATEN GARUT

Endang Zamaludin Nugraha

Abstract


Kabupaten garut merupakan salah satu wilayah yang memiliki ragam karakteristik kebudayaan yang tidak dapat di bedakan dengan wilayah lainnya, Keberadaan masyarakat etnis belanda ini bertempat di desa sukatani kecamatan cilawu kabupaten garut. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keberadaan masyarakat etnis belanda dalam aktivitas keseharian. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif.pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang berkaitan dengan  keberadaan masyarakat etnis belanda dalam aktivitas keseharian. Untuk menentukan sampel, menggunakan Teknik purposive sampling. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah apparat desa, masyarakat etnis belanda. Penarikan sampel dilakukan dengan Teknik reduksi data, display atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Aktivitas masyarakat etnis belanda yaitu dalam bidang pertanian dan wisata.


Keywords


Keberadaan Masyarakat Etnis Belanda, Aktivitas Masyarakat etnis belanda

Full Text:

PDF

References


Hakim, Mustajab. Pengelolaan Desa Wisata Pesisir Untuk Mewujudkan Desa Mandiri Wisatadi Kabupaten Lombok Tengah. Diss. Universitas Brawijaya, 2019.

Sudibya, Bagus. "Wisata Desa dan Desa Wisata." Jurnal Bali Membangun Bali 1.1 (2018): 22-26.

Hendriyati, Lutfi. "Upaya masyarakat Di Desa wisata penglipuran dalam menjalankan sapta pesona." Journal Of Tourism and Economic 3.1 (2020): 49-57.

Wihardyanto, Dimas, and Ikaputra Ikaputra. "Pembangunan permukiman kolonial Belanda di Jawa: Sebuah tinjauan teori." Nature: National Academic Journal of Architecture 6.2 (2019): 146-161.

Dewantara, Made Handijaya. "Pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan wisata kampung baduy, banten." Journey: Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management. Vol. 2. No. 1. 2019.

TERSIANA, Andra. Metode penelitian. Anak Hebat Indonesia, 2018.

GUNAWAN, Imam. Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara, 2022.

GUNAWAN, Imam. Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara, 2022.

NUGRAHANI, Farida; HUM, M. Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 2014, 1.1: 3-4.

PRAYUDI, Gusti Muhammad; SALINDRI, Dewi. Pendidikan Pada Masa Pemerintahan Kolonial Belanda Di Surabaya Tahun 1901-1942 (Education on Dutch Government in Surabaya At 1901-1942). Publika Budaya, 2015, 3.1: 20-34.

HASAN, Nur. Corak Budaya Birokrasi Pada Masa Kerajaan, Kolonial Belanda Hingga Di Era Desentralisasi Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Hukum, 2022, 28.2: 1073-1087.

SAHMURA, Yemima; WAHYUNINGRUM, Sri Hartuti. Identifikasi Langgam dan Periodisasi Arsitektur Kolonial Nusantara Pada Bangunan Cagar Budaya. MODUL, 2018, 18.2: 60-69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.