PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENANGGULANGAN BENCANA UNTUK MEWUJUDKAN KAMPUNG SIAGA BENCANA (KSB) DI DESA SINDANGJAYA

Inong Trisnawati

Abstract


Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak pada pertemuan tiga lempeng tektonik, yang berarti bahwa tingkat kemungkinan kejadian bencana sangat tinggi. Apalagi setelah beredarnya isu potensi gempa bumi dan tsunami ‘Megatrust†yang kapan saja bisa melanda negeri ini. Desa Sindangaya merupakan salah satu daerah pesisir yang tertetak di Kabupaten Tasikmalaya, dengan potensi kebencanaan gempa bumi, tsunami, dan banjir rob. Dengan adanya Kampung Siaga Bencana (KSB) diharapkan dapat membantu dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesiapsiagaan bencana, serta masyarakat dapat mandiri dan beradaptasi dalam menghadapi potensi ancaman bencana yang akan terjadi. Dalam upaya mewujudkan Kampung Siaga Bencana partisipasi masyarakat menjadi indikator yang sangat penting. Karena prinsip utama pelaksanaa Kampung Siaga Bencana adalah mengutamakan kemandirian masyarakat dalam penanggulangan bencana serta mengetahui tindakan apa saja yang harus dilakukan ketika pra bencana, pada saat terjadi bencana dan pasca bencana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan studi literatur, yang mencakup data sekunder, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah langkah-langkah lain yang dilakukan dalam penanggulangan bencana untuk mewujudkan kampung siaga bencana.


Keywords


Penanggulangan bencana, Partisipasi masyarakat, Kampung siaga bencana

Full Text:

PDF

References


Edyanto, Herman. 2014. Partisipasi Masyarakat sebagai Upaya untuk mengurangi Risiko Bencana Tsunami di Daerah Pantai. Vo. 16 No.3.

Edryansyah, Muhamad. 2019. Partisipasi Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana di Desa Mekargalih Kecamatan Jatinangor. Jurnal Pekeraan Sosial. Vol. 2 No. 1.

Gustavo. I. 1995. Bencana dan Lingkungan. UNDP.

Habibullah. 2013. Kebijakan Penanggulangan Bencana Berbasis Komunitas. KSB dan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana. No. 02 Vol. 18.

Handayaningsih. 2018. Bersahabat dengan Bencana Alam. Kemdikbud.

IDEP. 2007. Panduan Umum Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat. Bali : Yayasan IDEP.

Laksana, Nuring. 2008. Bentuk-bentuk Partisipasi Masyarakat dalam Program Desa Siaga : Kebijjakan dan Managemen Publik. Administrasi Negara 1:1

Mensos Republik Indonesia. Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia No. 128 tahun 2011 tentang Kampung Siaga Bencana. Jakarta : 24 Oktober 2011.

PP BNPB No. 4 Tahun 2008 tentang Pedoman Penyusunan Penanggulangan Bencana.

Setyowati, Dewi Liesnoor. 2021. Assistance o Disaster Preparedness Village Through Landslide Disaster Education. JCES (Jurnal of Character Education Society) Vol. 4 No.1

Suradi, dkk. Synergy between Disaster Preparedness Area Program With Local Institution for Community disaster preparedness. Earth and Environmental Science. doi:10.1088/1755-1315/1027/1/012018.

Umeidini, Femil. 2019. Partisipasi Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana di Desa Mekargalih Kecamatan Jatinangor. Jurnal Pekerajan Sosial. Vol (2) (1)

Usiono. 2018. Disaster Managemen. Perspekti Kesehatan dan Manusia. Medan : Perdana Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.