Pengukuran Usability Media Pembelajaran Online Google Classroom(Studi Kasus : Prodi Teknik Industri UDB) Surakarta

Tri Wisudawati, Ecclisia Sulistyowati

Abstract

Aplikasi Google Classroom merupakan aplikasi yang masih baru dan belum begitu banyak digunakan dalam aktivitas pembelajaran di dunia pendidikan termasuk kampus, khususnya di program studi Teknik Industri UDB. Penelitian ini mengukur usabilitas pada google classroom meliputiusefulness, ease of use, ease of learning, satisfaction menggunakan USE Questionnaire dengan skala likert 1 – 4 menggunakan 16 pertanyaan dalam bentuk kuesioner yang dibagikan ke 22 mahasiswa teknik industri UDB. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui aspek kategori apa saja yang masih kurang sehingga bisa dilakukan perbaikan dengan cara tutorial terlebih dahulu dan ditingkatkan intensitas dalam penggunaanya sehingga mahasiswa menjadi terbiasa danperkuliahan mahasiswa dapat berjalan dengan baik, efektif, dan memuaskan keinginan mahasiswa untuk mendapatkan perkuliahan secara menyenangkan dan milenial.

Full Text:

PDF 28-32

References

Z. Hammi, “Implementasi Google Classroom Pada Kelas Xi Ipa Man 2 Kudus,” p. 87, 2017.

R. S. Ernawati, E. W. Hidayat, and A. Rahmatulloh, “Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Aksara Sunda Berbasis Android,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2017. DOI: 10.28932/jutisi.v3i3.671

F. I. Gunawan and S. G. Sunarman, “Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran,” Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, pp. 340–348, 2017.

N. Septantiningtyas, “Pengembangan Desain Pembelajaran Pada Kelas Profesional PGMI Google Classroom,” Edudeena, vol. 3, no. 2, pp. 101–107, 2019.

N. Asnawi, “Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA),” RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management, vol. 1, no. 01, p. 17, 2018. DOI: 10.25273/research.v1i1.2451

R. Utami, “Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika,” Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, vol. 2, pp. 498–502, 2019.

D. Bagas Panca Pradana, “Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa,” It-Edu, vol. 2, no. 01, 2017.

A. Rozak and A. M. Albantani, “Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google Classroom,” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, vol. 5, no. 1, pp. 83–102, 2018. DOI: 10.15408/a.v5i1.7481

E. Nurfalah, “Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika,” Physics Education Research Journal, vol. 1, no. 1, p. 46, 2019. DOI: 10.21580/perj.2019.1.1.3977

Sabran and E. Sabara, “Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran,” Diseminasi Hasil Penelitian melalui Optimalisasi Sinta dan Hak Kekayaan Intelektual, pp. 122–125, 2019.

N. Maharani and K. S. Kartini, “Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer,” PENDIPA Journal of Science Education, vol. 3, no. 3, pp. 167–173, 2019. DOI: 10.33369/pendipa.3.3.167-173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.