Penerapan Model Vogel Approximation Method Untuk Optimalisasi Rute Perbaikan Access Point Berdasarkan Biaya (Studi Kasus PT XYZ)

Muhammad Anwari, Husni Mubarok, Heni Sulastri

Abstract

Kebutuhan internet pada masa sekarang menjadi kebutuhan utama. Perusahaan penyedia internet seperti PT. XYZ memiliki ribuan produk access point, seiring banyaknya pelanggan yang memakai produk access point maka semakin banyak juga produk yang harus dipelihara agar meningkatkan kepuasan pelanggan. Permasalahan yang dihadapi seperti penyebaran teknisi ke tempat gangguan access point dan menemukan biaya transportasi seminimum mungkin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menemukan cara pengiriman teknisi dari tempat teknisi ke tempat gangguan sehingga semua kebutuhan terpenuhi tetapi dengan biaya yang seminimum mungkin. Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah ini adalah metode transportasi Vogel Approximation Method (VAM), metode VAM lebih rumit dalam hal penyelesaian masalahnya tetapi lebih menghasilkan biaya minimum. Diperoleh hasil 58 (ribuan) untuk biaya transportasi setelah diterapkannya metode VAM. Hasil ini diperoleh dari kasus access point rusak dan memiliki status down yang berjumlah 7 access point dari dua area berbeda. Untuk data teknisi sendiri dimisalkan 7 teknisi dari dua area berbeda. Metode VAM diterapkan pada perangkat lunak berbasis web, pada pengujian white box perangkat lunak ini menunjukkan prosedur kompleksitas program yang baik dan resiko yang rendah dengan rata – rata nilai cyclomatic complexity kurang dari 10.

Full Text:

PDF

References

Arifin, Aridhanyati. “Model Transportasi Untuk Masalah Pendistribusian Air Minum (Studi Kasus PDAM Surakarta)â€. Jurnal Teknomatika Vol. 7 No.1: 1 – 10, 2014.

Maharisna, Dimas Bhirawa, Mochammad Al Musadieq, and Heru Susilo. “Analisis Dan Desain Sistem Informasi Transportasi Dengan Metode Vogel’s Approximation (Studi Kasus pada UD. Sumber Jaya Grosir Malang)â€. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 43 No. 2: 19 – 28. 2017.

Simbolon, Lolyta Damora, Marihat Situmorang, and Normalina Napitupulu. “Aplikasi Metode Transportasi Dalam Optimasi Biaya Distribusi Beras Merah (RASKIN) Pada Perum Bulog Sub Divre Medanâ€. Saintia Matematika Vol. 02, No. 03: 299 – 311. 2014.

Siang, Jok Jek. Riset Operasi Dalam Pendekatan Algoritmis Edisi 2. Yogyakarta: C. V Andi Offset. 2014.

Indrajani. Database Design. PT. Elex Media Komputindo. 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.