Dampak Influencer Keuangan, Literasi Keuangan, dan Preferensi Risiko terhadap Minat Investasi di Pasar Modal
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh yang siginfikan antara influencer keuangan, literasi keuangan dan preferensi risiko terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan mahasiswa di Bandar Lampung yang berusia 21-40 tahun sebagai populasi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 120 mahasiswa. Penelitian ini diawali dengan penyebaran kuisioner kepada mahasiswa dengan alat bantu google form menggunakan skala likert rentang 1-5. Alat uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas serta analisis linier berganda untuk menguji pengaruh antara variabel independen dengan variabel dependen dengan bantuan SPSS. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu influencer keuangan, literasi keuangan dan preferensi risiko serta menggunakan variabel dependen yaitu minat investasi.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa variabel literasi keuangan dan preferensi risiko memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa di Bandar Lampung. Sedangkan, Variabel influencer keuangan tidak memiliki pengaruh terhadap minat investasi di pasar modal pada mahasiswa di Bandar Lampung. Selain itu, berdasarkan hasil uji koefisien determinasi yaitu senilai 86.3% yang berarti bahwa variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 86.3%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 13.7% dijelaskan oleh variabel lain.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Chaniago, P., & Wahyono. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa untuk Berinvestasi di Pasar Modal. 1.
Chen, Y., Fay, S., & Wang, Q. (2011). The Role of Marketing in Social Media: How Online Consumer Reviews Evolve. Journal of Interactive Marketing.
CNBC. (2021). Dear Investor,Ini Saran BEI Soal Rekomendasi Saham Influencer diakses 01 Januari 2024 dari Cnbcindonesia.Com.
Driantama, I., Krtika, & Wardhaningrum, O. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Investor Pemula untuk Berinvestasi di Pasar Modal pada Masa Pandemi Covid-19. Wahana Riset Akuntansi, 10(2), 98–113.
Fajrianti, R., Effendy, L., & Hudaya, R. (2023). The Influence of Educational Investment Gallery ( GIE ) Establishment , Financial Efficacy , Financial Literacy , Financial Influencers , and Parents ’ Income on Students ’ Investment Interests in the Capital Market . 1(March).
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Penelitian bagi Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP.
Gunanti, I. I. P., & Mahyuni, L. P. (2022). Minat Investasi Generasi Milenial di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 18(3), 425. https://doi.org/10.29264/jinv.v18i3.10344
Hair, J. F., Hult, G. T. M., & Ringle, C. M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM).
Heykal, M. (2023). Fenomena Penipuan Investasi dan Pentingnya Literasi Keuangan. Binus University School of Accounting. diakses 05 Januari 2024 darihttps://accounting.binus.ac.id/2023/05/06/fenomena-penipuan-investasi-dan- pentingnya-literasi-keuangan/
Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). (2022). Statistik Pasar Modal Indonesia Juni 2022. Kustodian Sentral Efek Indonesia, April, 1–6. diakses 01 Januari 2023 dari https://www.ksei.co.id/files/Statistik_Publik_Januari_2021.pdf
Lestiana, & Nurfauziya, A. (2023). Pengaruh pengetahuan investasi , kebijakan modal minimum , literasi keuangan dan social media influencer terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal. 5, 136–149.https://doi.org/10.20885/ncaf.vol5.art16
Pantouw, D. T. V., & Kurnia, K. (2022). Pengaruh Influencer Media Sosial terhadap Brand Image Erigo. Inter Script : Journal of Creative Communication, 4(2), 68. https://doi.org/10.33376/is.v4i2.1648
Qowiyamatin, H., & Yuniningsih, Y. (2021). Literasi Keuangan, Motivasi, Preferensi Risiko Terhadap Minat Investasi Saham Mahasiswa Feb Upn “Veteran” Jawa Timur. Jurnal Ilmu Manajemen, 10, 243–247.
Rahman, M. (2023). 30 Influencer Keuangan Berpengaruh di Indonesia 2023 diakses 01 Januari 2024 dari Financer.Com.https://financer.com/id/blog/influencer-keuangan/.
Ratih, S. D., Pramesti, E. D., Noviaty, E., & Sutrisno, S. (2023). Pengaruh Knowledge dan Influencer terhadap Literasi Investasi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 1–17.https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1414
Salisa, N. R. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi di Pasar Modal: Pendekatan Theory of Planned Behaviour (TPB). Jurnal Akuntansi Indonesia, 9(2), 182. https://doi.org/10.30659/jai.9.2.182-194
SikapiUangmu. (2023). Hai Calon Investor, Yuk Mengenal Jenis Pasar modal diakses 05 Januari 2024 dari Sikapuangmu.Ojk.Go.Id.https://sikapiuangmu.ojk.go.id/Fro ntEnd/CMS/Article/10526
Sri. (2023). Nilai Transaksi Pasar Modal di Lampung Capai Rp. 23 Trillion Per November 2022 diakses 05 Januari 2024 dari https://kupastuntas.co/2023/01/03/nilai- transaksi-pasar-modal-di-lampung-capai-rp23-triliun-per-november-2022
Subagyo, T. (2022). OJK sebut indeks literasi keuangan di Lampung naik jadi41,30persen diakses 05 Januari 2024 dari https://lampung.antaranews.com/berita/665 105/ojk-sebut-indeks-literasi-keuangan-di-lampung-naik-jadi-4130-persen.
Supriyanto, R. G. E., Andayani, E., & Al Arsy, A. F. (2019). Pengaruh Preferensi Risiko, Literasi Ekonomi, Pengetahuan Galeri Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 4(1),1–7. https://doi.org/10.21067/jrpe.v4i1.3773
Tandio, T., & Widanaputra, A. A. G. P. (2016).Pengaruh Pelatihan Pasar Modal,Return,Persepsi Risiko, Gender, Dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universita. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 16, 2316–2341.
Tazkia, A., & Wijayanti, R. (2022). Pengaruh Influencer Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal. Jurnal Manajemen Risiko Dan Keuangan, 1(2), 112–127.
Upadana, I. W. Y. A., & Herawati, N. T. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa. 10(2), 126– 135.
Wardhani, A. K., & Lutfi. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan, experienced regret, risk tolerance, dan motivasi pada keputusan investasi keluarga dalam perspektif masyarakat Bali. Journal of Business and Banking, 6(2), 195–214.
Welly, Kardinal, & Juwita, R. (2015). Analisis pengaruh literasi keuangan terhadap keputusan investasi di stie multi data palembang. 1–16.
Yunia, P. S., Khanifiana, R., & Faizah, C. N. (2020). Motivasi, pengetahuan, preferensi risiko investasi, dan minat investasi saham di pasar modal syariah pada mahasiswa feb iiain pekalongan.1,54–62
DOI: https://doi.org/10.37058/jak.v19i1.12784
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL AKUNTANSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Akuntansi by Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jak.
Jurnal Akuntansi Visitor Counter JAK Stats