PENGARUH FINANCING TO DEPOSIT RATIO TERHADAP NON PERFORMING FINANCING PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Euis Rosidah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Non Performing Financing (NPF) Perbankan Syariah di Indonesia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan Perbankan Syariah periode 2012-2016. Data penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang diperoleh dari laporan keuangan bulanan Perbankan Syariah pada website Bank Indonesia. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Non Performing Financing (NPF).

Kata kunci: Non Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR)


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adisaputra, I., 2012, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Non Performing Loan pada PT.Bank Mandiri (PERSERO) Tbk, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Makassar.

Ali, M., 2004, Asset Liability Management, Menyiasati Risiko Pasar dan Risiko Operasional dalam Perbankan, PT. Elex Media Kompetindo Kelompok Gramedia, Jakarta

Bank Indonesia. Laporan Keuangan Tahun 2014-2016. http://www.bi.go.id.

Chang, Yoonhee Tina. 2006. Role of Non Performing Loan (NPLs) and Capital Adequacy Banking Structure and Competitionâ€. ISSN 1745-9648.

Dendawijaya, L. 2009. Manajemen Perbankan . Edisi ketiga. PT. Ghalia Indonesia. Bogor.

Ghozali, I. 2010. Aplikasi Multivariante dengan program SPSS. Edisi Dua. Semarang: UNDIP.

Hasibuan, H. Melayu S. P. 2007. Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kuncoro, Mudrajad dan Suharjono. 2009. Manajemen Perbankan Teori Dan Aplikasinya. Yogyakarta: BPFE

Siagian, Febriyanti Dimaelita. 2009. Pengaruh Non Performing Loan (NPL), Tingkat Kecukupan Modal, Tingkat Likuiditas, Dan Kualitas Aktiva Produktif (KAP) Terhadap Tingkat Profitabilitas Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008. Fakultas Ekonomi Universitas. Sumatera Utara

Siamat, Dahlan. 2005. Manajemen Lembaga Keuangan, Edisi Ketiga. Jakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Soebagio, H., 2005, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Non Performing Loan Pada Bank Umum Komersial, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Wimboh. 2004. Pengaruh IIR, LDR, dan CAR Terhadap NPL Pada PT. Bank Mandiri ( Persero ).




DOI: https://doi.org/10.37058/jak.v12i2.385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL AKUNTANSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi by Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jak.

Jurnal Akuntansi Visitor Counter JAK Stats