PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL, ETIKA PROFESI, DAN RISIKO AUDIT TERHADAP KUALITAS AUDIT

Nova Yulanda, Yuhanis Ladewi, Fadhil Yamaly

Abstract


Tujuan dalam  penelitian ini adalah  untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh skeptisisme profesional, etika profesi dan risiko audit terhadap kualitas audit. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 Kantor Akuntan Publik di Kota Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di Kota Palembang sejumlah 60 auditor. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Variabel yang digunakan adalah skeptisisme profesional, etika profesi, risiko audit dan kualitas audit. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis statistik inferensial terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji t dibantu oleh Statistical Program For Special Science (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial skeptisisme profesional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas audit, sedangkan etika profesi dan risiko audit secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.

 


Keywords


Skeptisisme Profesional, Etika Profesi, Risiko Audit, Kualitas Audit.

Full Text:

PDF

References


Abdulloh, W. d. (2017). Kualitas Pelaporan Keuangan: Kajian Teoretis Dan Empiris (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana.

Agoes, S. (2012). Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan Oleh Akuntan Publik Buku 1 Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.

Bougie, U. S. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis Edisi 6 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Boynton, W. C. ( 2003). Modern Auditing Edisi 7 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Bozku, S. (2019). Ethics and Sustainability in Accounting and Finance, Volume I. Turkey: Trakya University.

Chandra, Gian Asmara. 2019. Banyak KAP Kena Sanksi, Ada Masalah Standar Akuntansi. cnbcIndonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20190812102534-17-91271/banyak-kap-kena-sanksi-ada-masalah-standar-akuntansi

Datrin, N. L. (2017). Pengaruh Skeptisme Profesional, Independensi, Kompetensi, Etika, Dan Role Stress auditor Terhadap Kualitas Audit Pada Kantor Bpk Ri Perwakilan Provinsi Bali. Jurnal KRISNA, 9.

Durtschi, F. d. (2004). The Effect Of Professional Skepticism On The Fraud Detection Skills Of Internal Auditors. Utah State University School of Accountancy: Working Paper.

Halim, A. (2015). Auditing (Dasar-dasar Laporan Keuangan jilid 1) edisi 5. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hery. (2019). Auditing (Dasar-dasar Pemeriksaan Akuntansi). Jakarta: Grasindo.

Hurt, R. K. (2010). Development of a Scale to Measure Professional Skepticism. Auditing. A Journal of Practice & Theory, 29, 149–171.

IFAC. 2009. International Standard On Auditing 200 Overall Objectives Of The Independent Auditor And The Conduct Of An Audit In Accordance With International Standards On Auditing. ISA No. 200.13.l.

Indrianto, N. d. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: And.

Johnson, R. N. (2016). Auditing: A Practical Approach with Data Analytics. United States: Wiley.

Johnstone, K. M. (2014). Auditing:A Risk-Based Approach to Conducting a Quality Audit, Tenth Edition. United Kingdom: Cengage Learning.

M. Itqon Syauqi. 2020. BPK Nyatakan 'Disclaimer' Atas Laporan Keuangan Pemkab Jember Tahun 2019. Surya.co.id. https://surabaya.tribunnews.com/2020/06/30/bpk-nyatakan-disclaimer-atas-laporan-keuangan-pemkab-jember-tahun-2019

Mertha, P. S. (2017). Pengaruh Independensi, Tekanan Anggaran Waktu, Risiko Audit, Dan Gender Pada Kualitas Audit. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 18, 1545-1574.

Messier. (2014). Jasa Audit dan Assurance Buku 1 Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. (2014). Auditing. Jakarta: Salemba Empat.

Nasser, A. (2020). Audit Bank Syariah edisi pertama. Jakarta: Kencana.

Nevber, A. d. (2018). Regulations and Application of Ethics in Business Practice. Turkey: Trakya University Balkan Yerleskesi.

Nyoman, D. d. (2018). Pengaruh Objektivitas, Kompleksitas Tugas, Risiko Audit Dan Profesional Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi Akunesa, 6, 1-16.

R., S. S. (2018). Etika Dalam Bisnis & Profesi Akuntan Dan Tata Kelola Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Ratna, R. d. (2020). Pemeriksaan Akuntansi 1 (Auditing). Jakarta: Kencana.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2019). Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tandiontong, M. (2015). Kualitas Audit dan Pengukurannya. Bandung: Alfabeta.

Tommie, J. d. (2007). Information Technologi Auditing And Assurance(Audit Teknologi Informasi dan Asuransi). Jakarta: Salemba Empat.

Tuanakotta, T. M. (2013). Auditing Berbasis ISA (International Standards on Auditing). Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.37058/jak.v1i2.6725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL AKUNTANSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Akuntansi by Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jak.

Jurnal Akuntansi Visitor Counter JAK Stats