Partisipasi Perempuan dalam Politik

Alfi Nursyifa, Olpi Tiani Tamala, Ridzikia Zakiah, Shiefa Aprilia Rachamani, Siti Mutia Mutmainah

Abstract


Keterlibatan perempuan dibidang politik merupakan masuknya kaum perempuan untuk ikut serta ambil andil di parlemen dalam pengambilan suatu keputusan kebijakan pemerintah. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat partisipasi peran perempuan dalam urusan politik serta faktor apa saja yang mempengaruhi ketersediaan perempuan dipolitik. Metode yang digunakan dalam kajian ini ialah metode pendekatan kualitatif dimana penelitian yang digunakan untuk meneliti pada objek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan, analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Peran perempuan dalam ranah politik harus menghadapi berbagai persoalan karena hadirnya budaya patriarki yang menempatkan dirinya sebagai pemimpin paling pantas jika dibandingkan dengan perempuan sehingga terjadilah kesetaraan gender antara laki- laki dan perempuan yang masih terus tumbuh dan melekat dalam kehidupan masyarakat. Kemudian hadirnya pandangan tradisional yang bisa dibilang sangat relevan menempatkan perempuan pada posisi yang tidak pantas untuk dijadikan sebagai saingan. Pada saat ini untuk menempatkan posisi perempuan yang bisa menduduki kursi di parlemen pada pemerintahan seperti DPR, DPD, MPR, dan DPRD masih terbilang cukup kurang bahkan jika dilihat indeksnya menurun dari tahun ke tahun. Untuk hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa masih harus terus dilakukan dukungan dari berbagai macam kalangan untuk memajukan dan meningkatkan peran perempuan agar kaum perempuan lebih dirangkul sehingga mereka bisa dengan percaya diri dalam mengakses di ranah politik. Dengan tetap terus pegang teguh memperhatikan dan meningkatkan kualitas SDM dengan pendidikan politik bagi kaum perempuan.

 Kata Kunci : Gender, Patriarki, Perempuan, Politik

 


Keywords


Gender; Patriarki; Perempuan; Politik.

References


F. L. Kollo, “Budaya Patriarki dan Partisipasi Perempuan dalam Bidang Politik,†Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III , pp. 318-320, 2017.

Inwantoro, T. (t.thn.). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahya Tingkat Partisipasi Politik Perempuan pada Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Mojokerto 2014. Jurnal Fisip UNDIP, 6.

Lotulung, L. J., & Mulyana, D. (2018). Perempuan Dalam Politik di Sulawesi Utara. Sosiohumaniora, 20(2), 138-144.

Nurcahyo, A. (2016). Relevansi Budaya Patriarki dengan Partisipasi Politik dan Keterwakilan Perempuan di Parlemen. Jurnal Agastya 2, 10.

Pambumdi,M.Y. "Perempuan Dan Politik Studi Tentang aksesibilitas Perempuan Menjadi Anggota Legislatif di Kabupaten Sampang." Skripsi. Surabaya: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univ. Airlangga(2007).

Priandi, R., & Roisah, K. (2019). Upaya meningkatkan partisipasi politik perempuan dalam pemilihan umum di Indonesia. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1(1), 106-116

Rizki Priandi, K. R. (2019). Upaya Meningkatkan Partisipasi Politik Perempuan Dalam Pemilihan Umum Di Indonesia. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 11.

Saputra,Herdin Arie, Dyah Mutiarin,and Achmad Nurmandi. "AnalisisWacana: Partisipasi Perempuan dalam Politik di Indonesia Tahun 2018-2019." MUWAZAH: Jurnal Kajian Gender 12.1(2020):89-110.

Silaban, A. H. (2015). Implementasi Politik Perempuan di Kota Makassar. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Indonesia, 1(1), 75-84.

Wahyudi, “Peran Politik Perempuan dalam Persfektif Gender,†Politea: Jurnal Politik Islam, pp. 63-83, 2018.




DOI: https://doi.org/10.37058/jipp.v9i1.4120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alfi Nursyifa, Olpi Tiani Tamala, Ridzikia Zakiah, Shiefa Aprilia Rachamani, Siti Mutia Mutmainah



JIPP is Indexed by

 Google Scholar Google Scholar

 

View My Stats