Literasi Digital Ekonomi Hijau Terhadap Pemberdayaan UMKM Desa di Kabupaten Langkat

Surya Yudha Regif, Marisa SB Seran, Imanuel Yohanes Naif, Andre Pattipeilohy, Lilis Saputri

Abstract


Artikel ini membahas tentang pentingnya literasi digital dalam ekonomi hijau dan bagaimana hal tersebut dapat memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa-desa Kabupaten Langkat. Ekonomi hijau merupakan konsep pembangunan yang berfokus pada pengembangan ekonomi yang berkelanjutan, mengurangi dampak negatif pada lingkungan, dan meningkatkan kesejahteraan sosial. Literasi digital pada UMKM di desa menjadi penting karena dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis, mengakses pasar yang lebih luas, dan memperluas jangkauan pemasaran.Dalam artikel ini, penulis menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif dengan pelaku UMKM di Kabupaten Langkat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM yang memiliki literasi digital yang baik memiliki kemampuan untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan efektivitas dalam bisnis mereka. Pemahaman tentang teknologi dan digitalisasi membantu UMKM mengidentifikasi peluang pasar baru dan meningkatkan kualitas produk dan layanan yang mereka tawarkan. Namun, masih ada beberapa UMKM yang belum sepenuhnya memahami literasi digital dan tidak mampu memanfaatkannya secara optimal. Untuk mengatasi tantangan ini, penulis merekomendasikan penguatan pelatihan literasi digital bagi UMKM di desa-desa Kabupaten Langkat. Pelatihan tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan UMKM dan diadakan secara teratur untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi digital dalam bisnis mereka. Selain itu, pemerintah dan lembaga terkait perlu memberikan akses yang lebih mudah dan terjangkau terhadap teknologi digital serta mempromosikan produk-produk UMKM secara online agar dapat diakses oleh pasar yang lebih luas. Artikel ini memberikan kontribusi penting dalam upaya pemberdayaan UMKM di desa-desa Kabupaten Langkat melalui literasi digital dalam ekonomi hijau. Dengan meningkatkan literasi digital, UMKM di desa dapat mengurangi biaya produksi, meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan kualitas produk dan layanan. Hal ini dapat berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan.

Kata Kunci: Literasi digital, Ekonomi hijau, Pembangunan Berkelanjutan


References


Alisjahbana, A. S., & Murniningtyas, E. (2018). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia (Vol. 3).

Toruan, R. R. M. L., Hamzah, R. E., & Saifulloh, M. (2021). IMPLEMENTATION OF DIGITAL LITERACY MOVEMENT FOR MSMEs ACTORS IN JAKARTA THROUGH PARTICIPATORY ACTION RESEARCH. Moestopo International Review on Social, Humanities, and Sciences, 1(2), 118–129. https://doi.org/10.32509/mirshus.v1i2.22

Hari Kristianto, A. (2020). SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DALAM KONSEP GREEN ECONOMY UNTUK PERTUMBUHAN EKONOMI BERKUALITAS BERBASIS EKOLOGI. Business, Economics and Entrepreneurship, 2(1), 27–38. https://doi.org/10.46229/b.e.e..v2i1.134

Hidayattuloh, M. H., Bambang, A. N., & Amirudin, A. (2020). The Green Economy Concept as Development Strategy of Cempaka Tourism Village toward Sustainable Tourism Development. The Indonesian Journal of Planning and Development, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.14710/ijpd.5.1.30-37

Sunuantari, M., Zarkasi, I. R., Gunawan, I., & Farhan, R. M. (2021). R-TIK Digital Literacy towards Indonesian MSMEs (UMKM) Digital Energy of Asia. Komunikator, 13(2), 175–187. https://doi.org/10.18196/jkm.12380

Erlanitasari, Y., Rahmanto, A., & Wijaya, M. (2020). Digital economic literacy micro, small and medium enterprises (SMES) go online. Informasi, 49(2), 145–156. https://doi.org/10.21831/informasi.v49i2.27827

Kementerian Keuangan. (2020). Bertumbuh Bersama UMKM,†Kemenkeu.Go.Id. XV(158). Retrieved from https://www.kemenkeu.go.id/media/16655/mk-november-2020-up.pdf

UN report, D. E. (2021). Digital Economy Report UNCTAD 2021.

Maksum, I. R., Sri Rahayu, A. Y., & Kusumawardhani, D. (2020). A social enterprise approach to empowering micro, small and medium enterprises (SMEs) in Indonesia. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(3). https://doi.org/10.3390/JOITMC6030050

Grillitsch, M., & Hansen, T. (2019). Green industry development in different types of regions. European Planning Studies, 27(11), 2163–2183. https://doi.org/10.1080/09654313.2019.1648385

Bahtiar & Saragih. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 12, 20.

Widyastuti, D. A. R., Nuswantoro, R., & Sidhi, T. A. P. (2016). Literasi Digital pada Perempuan Pelaku Usaha Produktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal ASPIKOM, 3(1), 1. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i1.95

Bank of Indonesia. (2020). Indonesia Economic Report 2020 “Synergy to Build Optimism for Economic Recovery.†Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi, 112. Retrieved from https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan-tahunan/perekonomian/Documents/9_LPI2020.pdf

Institute, G. G. G. (2015). Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi Hijau di Indonesia. Pemerintah Indonesia _ Global Green Growth Institute (GGGI) Program, 90. Retrieved from www.greengrowth.bappenas.go.id

Hayati, S. R., & Khasanah, M. (2019). The role of cooperatives in the smes empowerment in rural areas. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(2), 226–232. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7225

Adapa, S., & Sheridan, A. (n.d.). Entrepreneurship in Regional Communities Exploring the Relevance of Embeddedness , Networking , Empowerment and Communitarian Values.

DESA. (2019). Micro-, Small and Medium-sized Enterprises (MSMEs) and their role in achieving the Sustainable Development Goals. United Nations Department of Economic and Social Affairs Division for Sustainable Development Goals.

Setiawan W. (2021). Marketing Outlook 2021. MIX Marketing&Communication, 20.

Nurhavina, D., Ilmu, F., Politik, I., Airlangga, U., & Nurhaniva, D. (2022). DIGITAL PADA MASYARAKAT DI ERA ( Analisis Penerapan dan Dampak Pemberdayaan Pada UMKM Berbasis Digital oleh CSR di Era New Normal ). https://doi.org/10.52473/ijir.v2i1.19

Hasan, M., & Muhammad, A. (2018). 1| Pembangunan Ekonomi.

kemendikbud. (2022). Gerakan Literasi Nasional | GLN. Retrieved June 10, 2022, from https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/

Program for International Student Assessment (PISA). (2021). 21st-Century Readers. In Oecd. Retrieved from https://www.oecd-ilibrary.org/education/21st-century-readers_a83d84cb-en

Maher, D. (2020). Pre- service teachers ’ digital competencies to support school students ’ digital literacies . Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/338984032_Maher_D_2020_Pre-service_teachers’_digital_competencies_to_support_school_students’_digital_literacies

Databooks.katadata. (2022). Pengguna Smartphone diperkirakan Mencapai 89% Populasi pada 2025. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/pengguna-smartphone-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025

Geschka, H., & Schwarz-Geschka, M. (2020). Scenarios as a Basis for Setting Up Innovation Strategies. In Encyclopedia of Creativity, Invention, Innovation and Entrepreneurship. https://doi.org/10.1007/978-3-319-15347-6_200049

RAHMAWATI, P., & APSARI, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia). Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.46368/jpd.v7i1.153

Schettkat, R. (2020). Micro-Foundations of Diverging Economic Policies: Keynesian, Behavioural, Neoclassic. Intereconomics, 55(2), 105–111. https://doi.org/10.1007/s10272-020-0879-z

Asian Development Bank. (2020). Laporan Tahunan Laporan Tahunan.

UNCDF. (2021). Inclusive Digital Economies for the Sustainable Development Goals (SDGs). 146.

Widyantoro, S. (2017). Implementasi Kerjasama Indonesia dan Jepang dalam Kebijakan Green Industry. JURNAL BISNIS DAN MANAJEMEN (JBIMA), 5(1), 95–106. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Andrade, Bradley, Chami, Eyben, Flores, Gaventa, Gurumurthy, Lambrick, McGee, Miller, Oosterom, Pettit, Rao, Rowlands, Sandler, Villers, Veneklasen, Vegner, Zibechi, M. (2020). POWER, EMPOWERMENT AND SOCIAL CHANGE. In R. M. and J. Pettit (Ed.), Rotledge Taylor & Francis Group.

Potter, J. (2017). Digital Media, Culture and Education. In Springer Nature (Vol. 7). London: Macmillan Publishers Ltd. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625




DOI: https://doi.org/10.37058/jipp.v9i1.6922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Surya Yudha Regif



JIPP is Indexed by

 Google Scholar Google Scholar

 

View My Stats