Hallyu: Tren Budaya Populer Drama Korea

Fazrian Noor Romadhon

Abstract


Di era global saat ini, drama Korea menjadi salah satu bentuk budaya populer yang paling amat sangat digemari di berbagai belahan dunia. Keberhasilan drama Korea, sedang menjadi tren dalam berbagai hal, dari mulai bahasa, tampilan make up, gaya berpakaian, hingga kuliner, yang mengantarkan dunia menjadi terkena pengaruh Hallyu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber pengumpulan data wawancara, studi literatur, serta studi media serta validitas yang diukur dengan teknik triangulasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu purposive sampling dengan menentukan 9 informan mahasiswi yang gemar menonton drama Korea di Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Selain itu, teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori modelling.

Hasil menunjukkan bahwa drama Korea berhasil menjadi alternatif media budaya populer yang ditentukan oleh banyak para penonton. Para penonton pun, menonton drama Korea dengan tujuan beranekaragam, dari mulai penasaran dan ingin mengetahui antar episode satu dengan yang lainnya, melihat mode dan tren yang digunakan oleh aktor dan aktris, hingga memperoleh pelajaran baru dari drama Korea yang bisa diambil kedalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, drama Korea pun berhasil menjadi wadah konstruksi kiblat tren dan mode untuk ditiru, seperti make up, gaya berpakaian, kuliner, bahasa, design interior, hingga tatakrama. Demikian pada konteks ini pula, suatu budaya populer tidak hanya dipandang sebagai hal komersil, melainkan juga perubahan suatu individu (penonton) dari apa yang ditampilkan drama Korea.


Keywords


Budaya Populer, Drama Korea, Teori Modelling



DOI: https://doi.org/10.37058/jipp.v4i1.858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fazrian Noor Romadhon



JIPP is Indexed by

 Google Scholar Google Scholar

 

View My Stats