Dinamika Relasi Kelembagaan antara komisi yudisial dengan mahkamah agung dan mahkamah konstitusi dalam pengawasan hukum

Taufik Nurohman

Abstract


Tulisan     ini     berangkat     dari     perubahan     format     kelembagaan     negara     yang    
kemudian    membawa    dinamika    dalam    hal    hubungan    diantara    lembaga-lembaga  negara. Dimana     perubahan     teraebut     memperkuat     mekanisme     Checks     and     Balances     di   antara    lembaga-lembaga    yang    memiliki    kekuasaan    sehingga    menutup    kemungkinan terjadinya    tirani     pada     masing-masing     puncak     dari     setiap     cabang     kekuasaan     yang     ada.     Format   kelembagaan     negara     pada     cabang     kekuasaan     yudikatif     terdapat     tiga     lembaga     yakni  Mahkamah    Konstitusi,    Mahkamah    Agung    dan    Komisi yudisial    yang    memiliki    fungsi  dan    peranannya    masing-masing    berpegang    pada   prinsip    checks    and    balances.    Hal    ini    bertujuan    agar    salah    satu    dari    lembaga tersebut    tidak    menjelma    menjadi    tirani    yudikatif.    Sehingga    kemungkinan    akan kesewenang-wenangan    dalam    menjalankan    hukum    dapat  dihindari. Prinsip     checks and balances juga     masuk     pada     ranah     pengawasan     hakim.  Dimana     telah     terjadi     pasang-surut     hubungan     antara     Komisi     Yudisial     dengan   Mahkamah     Agung     maupun     dengan     Mahkamah     Konstitusi     yang     berkaitan     dengan   masalah  pengawasan    hakim.    Tetapi    walaupun    demikian    seperti    yang    telah    dijelaskan    diatas    bahwa    relasi    kelembagaan     diantara    lembaga-lembaga    tersebut    walaupun  telah   mengalami    dinamikanya    tersendiri    namun    diharapkan    membawa    perubahan    menjadi    
lebih     baik.     Perwujudan     prinsip     negara     hukum     dan     paradigma     anti   absolutisme  pada   kekuasaan    yudikatif    harus    lebih    diutamakan    dalam    relasi    kelembagaan   antara lembaga - lembaga  tersebut.     Sehingga     relasi     yang     terjalin     tidak     hanya     berkutat     pada     konflik   kepentingan    semata    melainkan    untuk    mewujudkan    masyarakat  Indonesia    yang    tertib hukum    dan    berkeadilan    sosial.

References


Arifin, Firmansyah dkk. Lembaga Negara dan Sengketa Kewenangan Antarlembaga Negara. Konsorsium Reformasi Hukum Nasional (KRHN). Jakarta.

Asshiddiqie, Jimly. 2005. Format Kelembagaan Negara dan

Pergeseran Kekuasaan dalam UUD 1945. UII Press. Yogyakarta.

Fauzan, Muhammad. 2012. Pasang Surut Hubungan Antara Mahkamah Agung dengan Komisi Yudisial dalam Ketatanegaraan Republik

Indonesia.

Jurnal Dinamika Hukum Vol. 12 No. 1 januari 2012

Hady, Nuruddin. 2010. Teori Konstitusi dan Negara Demokrasi: Paham Konstitusionalisme Demokrasi Pasca UUD 1945. Setara Press. Malang.

Huda, Ni’matul. 2013. Problematika Subtantif Perppu Nomor 1 Tahun 2013 tentang Mahkamah Konstitusi.

Jurnal Konstitusi Vol. 10 No. 4 Desember 2013

Kusnadi, Ady. 2009. Potensi Kewenangan Antar Lembaga Negara Pasca Perubahan UUD. Badan Pembinaan Hukum Nasional. Departemen Hukum dan HAM RI. Jakarta.

Thaib, Dahlan. 2009. Ketatanegaraan Indonesia: Perspektif

Konstitusional. Total Media. Yogyakarta

Tutik, Titik Triwulan. 2010. Konstruksi Hukum Tata Negara Indonesia Pasca Amandemen UUD 1945. Kencana. Jakarta

Tutik, Titik Triwulan. 2012. Pengawasan Hakim Konstitusi dalam Sistem Pengawasan Hakim Menurut Undang-Undang Dasar RI 1945.

Jurnal Dinamika Hukum Vol. 12 No. 2 Mei 2012

Windrawan, Puguh. 2014. Putusan Mahkamah Konstitusi tentang Keberadaan Lembaga Negara.

Jurnal Yudisial Vol. 7 No. 1 April 2014 Majalah Konstitusi No. 16 Juli-Agustus 2006 www.jimlyschool.com

www.komisiyudisial.go.id




DOI: https://doi.org/10.37058/jipp.v1i4.2272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Taufik Nurohman



JIPP is Indexed by

 Google Scholar Google Scholar

 

View My Stats