PENGARUH TEKNIK MEMANDIKAN BAYI MELALUI AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IBU NIFAS

Meilani Meilani, Siti Saadah Mardiah, Dita Eka Mardiani

Abstract


Memandikan bayi merupakan upaya yang dilakukan untuk menjaga agar tubuh bayi bersih, terasa segar, dan mencegah kemungkinan adanya infeksi. Berdasarkan studi pendahuluan di Puskesmas Sukaraja dengan cara wawancara pada 10 ibu nifas, 3 diantaranya mengatakan tahu dan bisa memandikan bayinya, 2 diantaranya mengatakan tahu dan takut memandikan bayinya, sedangkan 5 diantaranya mengatakan tidak tahu dan takut memandikan bayinya sendiri dikarenakan tali pusat belum lepas dan takut bayinya tergelincir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik memandikan bayi melalui audio visual terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu nifas di wilayah kerja Puskesmas Sukaraja. Jenis penelitian ini pra experiment yang digunakan adalah one group Pre Test – Post Test Design. Populasi penelitian ini adalah Ibu bersalin pada tanggal 21 Desember 2019 dan 15 Januari 2020. Cara pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive sampling berjumlah 33 orang. Hasil dari uji analisis menggunakan Wilcoxon sign rank test menunjukkan ρ = 0,000 (α=0,05). Hasil penelitian diperoleh bahwa pengetahuan ibu nifas sebelum intervensi termasuk kategori cukup yaitu 66,7% dan sesudah intervensi termasuk kategori baik yaitu 69,7%. Keterampilan ibu nifas sebelum intervensi termasuk kategori tidak terampil yaitu 97% dan sesudah intervensi
termasuk kategori cukup terampil yaitu 60,6%. Maka terdapat perbedaan pengetahuan dan keterampilan ibu nifas tentang teknik memandikan bayi sebelum dan sesudah penerapan teknik memandikan bayi melalui media audio visual di wilayah kerja Puskesmas Sukaraja Tahun 2019


Keywords


pengetahuan dan keterampilan ibu nifas, teknik memandikan bayi

Full Text:

PDF

References


Afid Burhanudin. Prinsif-prinsif Belajar dan Implikasinya. Terdapat dalam https: //afidburhanuddin.wordpress.com/2014/05/19/prinsip-prinsip-belajar-danimplikasinya4/ (2014)

Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada; 2011.

Astuti S, Judistiani TD, Rahmiati L, Susanti AI. Perubahan masa nifas. Dalam : Astikawati R. Asuhan kebidanan nifas & menyusui. Jakarta: Erlangga; 2015. hlm.6.

Cahyono YN. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengam Audio Visual Terhadap Pengetahuan Memandikan Bayi Pada Ibu Hamil di Desa Wirogunan Kecamatan Kartosuro. 2019.

Dewi A W. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika; 2010.

Ekoriyanto.Faktor-Faktor Yang Menentukan Keterampilan Seseorang.diupload 2015 Juni 29. [Diakses 20 Oktober 2019]. Tersedia dari: http ://ekoriyanto62.blogspot.com/.

Fatkhan Amirul Huda. Pengertian Media Pembelajaran Audio Visual. 2017 Agustus 25[diakses 19 Oktober 2019] Tersedia dari Fatkhan.web.id

Medicall writers. Cara Memandikan Bayi Baru Lahir. 2019 Januari 18. Diakses 20 Oktober 2019. Tersedia dari : Medi-call.id/blog/Cara memandikan bayi Notoatmodjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. Volume 5. Jakarta: Rineka cipta; 2015. 216 hlm.

Priyono Y. Merawat Bayi Tanpa Baby Sitter.Dalam : Giri. Memandikan bayi kecil. Yogyakarta: Media Pressindo; 2010. 180 hlm. 50.

Ramadhan RS. Alasan Mengapa Orangtua Wajib Memandikan Anaknya Sendiri. CNN Indonesia. 2015 Pebruari 22 [diunduh 19 Oktober 2019] Tersedia dari :http://m.cnnindonesia.com/

Settaviani Jihad W. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Audiovisual Terhadap Keterlibatan Ibu dalam Proses Inisiasi Menyusu Dini di Puskesmas Jetis Yogyakarta. 2014. Universitas Gadjah Mada. 2014.

Siregar E, Nara H. Teori-teori Belajar dan Penerapannya. Dalam: Asep Jamaludin, editor. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia; 2017. 190hlm. 23-44.

Sugiyono, Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya;

Syamsunie Carsel HR. Metodologi Penelitian Kesehatan dan pendidikan. Dalam : Andi Adriani. Merumuskan Hipotesis. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka; 2018. 260 hlm. 27

www.sumberpengertian.id. Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli. Di upload 2018 Maret 18.[diakses 20 Oktober 2019.Tersedia dari : // www.sumberpengertian.id>IPS

Yuliana. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN I Harapan Jaya Bandar Lampung. 2018. Tersedia dari : repository.radenintan.ac.id




DOI: https://doi.org/10.37058/jkki.v16i2.2577

Article Metrics

Abstract view : 171 times
PDF - 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.