PENGARUH VIDEO TUTORIAL HAND HYGIENE TERHADAP KETERAMPILAN MENCUCI TANGAN SISWA SDN CISENGKOL

Muhamad Teguh Syamsu Rizal, Tika Kartika Dewi

Abstract


Terwujudnya derajat kesehatan masyarakat dapat dicapai, salah satunya dengan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Cuci tangan dapat berfungsi untuk menghilangkan atau mengurangi mikroorganisme yang menempel di tangan serta cuci tangan harus dilakukan dengan menggunakan air bersih dan sabun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video tutorial hand hygiene terhadap keterampilan mencuci tangan pada siswa SDN Cisengkol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster
sampling, maka peneliti menentukan siswa kelas V SDN Cisengkol berjumlah 48 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon signed rank test dengan pengujian hipotesis berdasarkan taraf signifikan  < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan mencuci tangan sebelum diperlihatkan video tutorial hand hygiene dengan kriteria baik berjumlah 4 orang (8,34%), kriteria cukup 34 orang (70,83%), dan kriteria kurang 10 orang (20,83%). Keterampilan mencuci tangan setelah diperlihatkan video tutorial hand hygiene dengan kriteria baik berjumlah 41 orang (85,42%), kriteria cukup 7 orang (14,58%), dan tidak ada siswa dengan kriteria kurang (0%). Peningkatan keterampilan mencuci tangan pada siswa sebesar 77,08%. Hasil uji hipotesa Wilcoxon Sign Rank SPSS 16 yang menunjukkan angka Asymp Sign 0,000 (p < 0,05) yang berarti terdapat perubahan yang bermakna, artinya ada pengaruh video tutorial hand hygiene terhadap keterampilan mencuci tangan siswa SDN Cisengkol dengan nilai kemaknaan yang signifikan


Keywords


Keterampilan, Tutorial, Hand Hygiene, Cuci Tangan

Full Text:

PDF

References


Apriany, D. (2012). Perbedaan Perilaku Mencuci Tangan Sebelum dan Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal, Keperawatan Soedirman, Cimahi.

Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Perseda.

Azizah, N., Susanto, T., dan Aini L,S. (2015). Pengaruh Terapi Bermain SCL (Snake, Cards, and Ladders) terhadap Keterampilan Mencuci Tangan Siswa Kelas I dan II di SDN Pakusari II Kabupaten Jember, Jurnal, Ilmu Keperawatan Universitas Jember, Jember.

Budiyanto, M.A.K. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Media Leaflet dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Mencuci Tangan dengan Sabun. Jurnal, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Departemen Kesehatan RI. (2000). Kebijakan Pelayanan Kedokteran Gigi Keluarga. Jakarta, Depkes RI.

Departemen Kesehatan RI. (2014). Perilaku Mencuci Tangan Palai Sabun

di Indonesia. Jakarta, Depkes RI.

Djarkoni, I,H., dkk. (2014). Hubungan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Kejadian Diare di SD Advent Sario Kota Manado. Jurnal, Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Iskandar, H., Suhadi, dan Maryati. (2014). Pengaruh Modeling Media Video Cuci Tangan Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa Kelas 4 di SD Wonosari 02 Makang Semarang. Jurnal, Keperawatan STIKES Telogorejo, Semarang.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pramudito, A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Jurnal, Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Rachmawati, F,J., dan Triyana, S,Y. (2008). Perbandingan Angka Kuman pada Cuci Tangan dengan Beberapa Bahan Sebagai Standarisasi Kerja diLabolatorium Mikrobiologi Fakultas KedokteranUniversitas Islam Indonesia, Jurnal, Univervitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

Racmayanti, R,D. (2013). Penggunaan Media Panggung Boneka dalam Pendidikan Personal Hygiene Cuci Tangan Menggunakan Sabun di Air Mengalir. Jurnal, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Surabaya.

Sari, W., Keloko, A.B., dan E. Syahrial. (2014). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Siswa Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Cuci Tangan Pak Kecamatan Medan Deli Tahun 2014. Jurnal, Fakultas Kesehatan Masyarakat USU, Medan.

Sudarto. (2016). Keterampilan dan Nilai Sebagai Materi Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jurnal Al Lubab. Muhammadiyah Tempurrejo, Ngawi .

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alvabeta.

Pritandhari, M., dan Ratnawuri, T. (2015). Evaluasi Penggunaan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Semester IV Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal, Universitas Muhammadiyah Metro, Metro.ai Sabun di Yayasan Perguruan Tut Wuri Handayani di Mabar




DOI: https://doi.org/10.37058/jkki.v16i2.2579

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.