ANALISIS PELAKSANAAN PIS-PK PADA INDIKATOR HIPERTENSI DI PUSKESMAS KURAI TAJI KOTA PARIAMAN TAHUN 2021

Mutia Hartina, Neni Neni, Anto Purwanto

Abstract


Pendahuluan: Capaian indikator PIS-PK hipertensi Puskesms Kurai Taji belum memenuhi target yang telah di tetapkan oleh Permenkes Nomor 39 tahun 2016.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui secara mendalam pelaksanaan PIS-PK pada indikator hipertensi di Puskesmas Kurai Taji tahun 2021. Metode: Jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan informan penelitian sebanyak 11 orang. Metode pengumpulan data dengan wawacara mendalam, telaah dokumen, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data melalui transkip data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil: Penelitian yaitu tidak ada pedoman khusus dalam pelaksanaan PIS-PK pada indikator hipertensi. Terbatasnya penyediaan sumber daya manusia, pendanaan, sarana dan prasarana dan peralatan serta tidak semua petugas mendapatkan pelatihan PIS-PK. Pada Fungsi proses tidak semua petugas memahami secara menyeluruh mengenai fungsi perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan kegiatan, tidak adanya jadwal kunjungan rutin dan pemeriksaaan kesehatan kepada setiap anggota keluarga berusia 15 tahun keatas karena terbatasnya media dan waktu kunjungan rumah, sehingga perlu dilakukan evaluasi kembali mengenai pelaksanaan di puskesmas. Output kegiatan didapati masih rendahnya capaiaan IKS di Puskesmas Kurai Taji yaitu 0,26 dan rendahnya capaian Indikator Penderita Hipertensi berobat Teratur (37,16%). Kesimpulan: pelaksanaan PIS-PK pada indikator hipertensi di Puskesmas Kurai Taji belum berjalan optimal. Dibutuhkan kerjasama puskesmas, Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Perangkat Desa terkait dan masyarakat untuk meningkatkan pelaksanaan PIS-PK.


Keywords


PIS-PK, Hipertensi, Puskesmas Kurai Taji

Full Text:

PDF

References


Apriyani, H., 2020. Penerapan Program Indonesia Sehat dengan

Pendekatan Keluarga di Puskesmas. HIGEIA (Journal of Public

Health Research and Development), 4(Special 4), pp.774-784.

Darmansyah, D., 2021. Analisis pelaksanaan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) pada Puskesmas di Kabupaten Nagan Raya. Jurnal SAGO Gizi dan Kesehatan, 3(1), pp.85-94.

Efendi, I. and Nuraini, N., 2019. Evaluasi Pelaksanaan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga Sehat (PisPk) Di Puskesmas Bestari Kota Medan. Jurnal Online Keperawatan Indonesia, 2(2), pp.50-67.

Kemenkes (2017) ‘Buletin PISPK’, Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI, pp. 1–38. Kemenkes R.I. (2016) ‘ Pedoman Umum Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga’.

Laporan Dinas Kesehatan Kota Pariaman. Pencapaian Pelaksanaan Program Indoensia Sehat dengan Pendekatan Keluarga tahun 2020.

Kejadian Hipertensi Pada Lansia. Jurnal Wacana Kesehatan, 5(1), pp.531-542. Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. Penerbit Alfabeta. 2010.

Lestari, R.A. and Suryoputro, A., 2021. Analisis Pelaksanaan Pispk Dalam Capaian Indeks Keluarga Sehat Di Kabupaten Brebes. Visikes: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 20(1).

Virdasari, E., Arso, S.P. and Fatmasari, E.Y., 2018. analisis kegiatan pendataan keluarga program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga di puskesmas kota semarang (Studi Kasus pada Puskesmas Mijen). Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 6(5), pp.52-64.




DOI: https://doi.org/10.37058/jkki.v18i1.4730

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.