Hubungan Body Image dengan Perilaku Makan Menyimpang pada Remaja: Sebuah Literature Review

Dinda Manda Eprillia

Abstract


Latar belakang dan tujuan : Masa remaja merupakan masa dimana terjadi banyak perubahan diri baik secara fisik maupun psikis. Salah satunya adalah perubahan pada bentuk badan yang menyebabkan adanya perubahan citra diri pada individu tersebut. Citra tubuh atau body image ini membawa pada pandangan yang positif ataupun negatif. Pandangan citra tubuh yang negatif menyebabkan ketidakpuasan pada tubuh sendiri, merasa tidak menarik dan akhirnya dsihantui untuk merubah bentuk tubuh menuju ideal secara drastis, dan perubahan tersebut dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah diet ketat dan salah yang menyebabkan terjadinya perilaku makan menyimpang khususnya Anorexia Nervosa, Bulimia Nervosa dan EDNOS. Tujuan dari tinjauan ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara citra tubuh body image dengan perilaku makan menyimpang pada remaja.

Metode : Penelitian ini merupakan literature reviewdari beberapa jurnal yang dipublikasikan pada tahun 2010-2020, pada beberapa database yaitu Semantic, Google Scholar, Garuda, ERIC, Doaj, dan PubMed menggunakan MeSH. Dari beberapa database tersebut diperoleh enam jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi .

Hasil : literature review rata-rata memiliki responden remaja dengan rentang usia antara 14-16 tahun, dan perempuan merupakan responden terbanyak. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya perilaku makan menyimpang, diantaranya adalah pengetahuan gizi, kepercayaan diri, kritik orangtua dan media massa. Namun, empat dari enam penelitian menyebutkan bahwa body image merupakan faktor paling berpengaruh terhadap perilaku makan menyimpang.

Kesimpulan : Ada hubungan signifikan antara body image dengan perilaku makan menyimpang pada remaja


Full Text:

PDF

References


Amin, S. et al. (2015) ‘Subclinical Eating Disorders and Their Comorbidity With Mood and Anxiety Disorders in Adolescent Girls in Sharkia Governorate’, Zagazig University Medical Journal, 21(1), pp. 1–10. doi: 10.21608/zumj.2015.4465.

Farid, M. and Kamrani, M. A. (2016) ‘The Relationship between Body Image Coping Strategy and Eating Disorders among Iranian Adolescent Girls’, Bali Medical Journal, 5(1), p. 17. doi: 10.15562/bmj.v5i1.151.

Goi, Misrawatie, Anasiru, M. A, Tumenggung, I. (2012) ‘Faktor Individu dan Faktor Lingkungan yang Berhubungan dengan Perilaku Makan Menyimpang pada Mahasiswa Kesehatan di Gorontalo’, E-Jurnal Biomedik, 2(5).

Imran and Talibo, S. D. (2018) ‘Eating Disorders pada Siswa SMA di Kota Gorontalo’, Health and Nutritons Journal, 4(1), pp. 26–35.

Original, T. (2018) ‘Nutrición Hospitalaria’.

Sofiah, D. R. V. (2012) ‘Percaya Diri , Body Image dan Kecenderungan Anorexia Nervosa’, Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), pp. 130–142. Available at: http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/39.




DOI: https://doi.org/10.37058/jkki.v18i2.5384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat