HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN UPAYA PENGENDALIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CIKAMPEK KABUPATEN KARAWANG

Khilwa Maulidah, Neni Neni, Sri Maywati

Abstract


Penyakit tidak menular masih menjadi masalah serius hingga saat ini salah satunya yaitu hipertensi. Prevalensi hipertensi yang mengalami peningkatan setiap tahunnya dan berada pada urutan ketiga yaitu Puskesmas Cikampek dengan persentase 5,8%. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap dan dukungan keluarga dengan upaya pengendalian hipertensi pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Cikampek Kabupaten Karawang. Desain studi yang digunakan yaitu cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 91 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode accidental sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Uji statistik yang digunakan yaitu Chi-Square dengan (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan (pvalue=0,014<0,05), sikap (p value=0,028<0,05), dan dukungan keluarga (pvalue=0,027<0,05) dengan upaya pengendalian hipertensi pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Cikampek Kabupaten Karawang. Diharapkan kepada penderita hipertensi aktif mencari informasi penting mengenai pengendalian hipertensi sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran penderita hipertensi serta anggota keluarga senantiasa memberikan dukungan, perhatian dan mencukupi kebutuhan penderita hipertensi


Keywords


Hipertensi; Pengendalian; Lansia.

Full Text:

PDF

References


Anggreani, Novita dan Nasution, Johani Dewita. 2019. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Lansia dengan Riwayat Hipertensi dalam Pengendalian Tekanan Darah pada Lansia di Puskesmas Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Tahun 2019.

Naskah Publikasi. Jurusan Keperawatan. Poltekkes Kemenkes. Medan.

Daeli, Fynce Sonifati. 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Pasien Hipertensi dengan Upaya Pengendalian Hipertensi di Uptd Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli Selatan Kota Gunungsitoli Tahun 2017. Skripsi.

Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara. Medan. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. 2019. Profil Kesehatan Jawa Barat Tahun 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Bandung.

Imran, Ali. 2017. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Pengendalian Hipertensi pada Lansia di Puskesmas Pandak 1 Bantul Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan. STIKES Jenderal Achmad Yani. Yogyakarta.

Kemenkes RI. 2019. Hari Hipertensi Dunia 2019: “Know Your Number, Kendalikan Takanan Darahmu dengan Cerdik. Artikel. http://p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/dki-jakarta/hari-hipertensi-dunia- 2019-know-your-number-kendalikan-tekanan-darahmu-dengan-cerdik. 2 Juli 2021 (15.20).




DOI: https://doi.org/10.37058/jkki.v18i2.5613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat