Profil Kecemasan Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan profil kecemasan matematis ditinjau dari gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Tempat penelitian ini yaitu SMP Negeri 3 Salawu. Subjek penelitan ini adalah siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP Negeri 3 Salawu yang terpilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner kecemasan matematis, kuesioner terbuka, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan secara umum kecemasan matematika mahasiswa teridentifikasi pada kategori cenderung tidak merasa cemas. Terdapat 47 siswa memiliki kategori cenderung merasa cemas dengan persentase sebesar 35% dan 86 siswa memiliki kategori cenderung tidak merasa cemas dengan persentase sebesar 65%. Kecemasan matematis siswa teridentifikasi pada level paling tinggi pada indikator cognitive, sedangkan pada indikator mathematics knowledge teridentifikasi pada level paling rendah. Lebih lanjut, profil kecemasan matematis kelas 7 pada siswa laki-laki maupun siswa perempuan yaitu cenderung tidak merasa cemas terhadap matematika. Profil kecemasan matematis kelas 8 pada siswa laki-laki maupun siswa perempuan yaitu cenderung merasa cemas terhadap matematika. Profil kecemasan matematis kelas 9 pada siswa laki-laki yaitu cenderung merasa cemas terhadap matematika sedangkan siswa perempuan cenderung tidak merasa cemas terhadap matematika.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L., & Martha Rusmana, I. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan Dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. AL-IDARAH Jurnal Kependidikan Islam, 9(https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/issue/view/181), 1–7. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/4859
Atteh, E., Andam, E. A., Obeng-Denteh, W., Okpoti, C. A., & Johnson, A. (2014). The Problem Solving Strategy of Solving Mathematical Problem: The Case Study of Esaase Bontefufuo Senior High Technical School, Amansie West District of Ghana. International Journal of Applied Science and Mathematics, 1(2), 40–45.
Fitriani, Musli, A. M., & Yahya, A. (2022). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 10(2), 71–78.
Handayani, S. D. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Pemahaman Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.30998/sap.v4i1.3708
Jayantika, I. G. A. N. . (2020). Kecemasan Matematis (Math Anxiety) Dilihat dari Perbedaan Gender. Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika (MAHASENDIKA) . IKIP PGRI Bali., 159–163.
Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2591
Julya, D., & Nur, I. R. D. (2022). Studi Literatur Mengenai Kecemasan Matematis Terhadap Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 181–190. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2006
Justicia-Galiano, M. J., Martín-Puga, M. E., Linares, R., & Pelegrina, S. (2023). Gender stereotypes about math anxiety: Ability and emotional components. Learning and Individual Differences, 105(November 2022). https://doi.org/10.1016/j.lindif.2023.102316
Khasawneh, E., Gosling, C., & Williams, B. (2021). What impact does maths anxiety have on university students? BMC Psychology, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s40359-021-00537-2
Kristanto, H. Y. W. (2019). Profil Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa SMA ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 115–123. http://194.59.165.171/index.php/APM/article/download/262/221
Maswar, M. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (Mms) Berbasis Metode Permainan Mathemagic, Teka-Teki Dan Cerita Matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43
Mulyani, S. (1983). Psikologi Pendidikan. IKIP Jakarta Press.
Santoso, E. (2021). Kecemasan Matematis: What and How? Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(1), 1–8. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/1/1
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Supriatna, A., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi kasus tingkat kecemasan matematis siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1C), 730–735. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2721
Ulfah, S., Akmalia, R., & Jusra, H. (2023). Gender differences in mathematics anxiety and learning motivation of students during the COVID-19. Jurnal Elemen, 9(1), 256–270. https://doi.org/10.29408/jel.v9i1.6971
Vos, H., Marinova, M., De Léon, S. C., Sasanguie, D., & Reynvoet, B. (2023). Gender differences in young adults’ mathematical performance: Examining the contribution of working memory, math anxiety and gender-related stereotypes. Learning and Individual Differences, 102(August 2021). https://doi.org/10.1016/j.lindif.2022.102255
DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v10i1.10569
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail