Aktivitas Matematika Kompleks Candi Prambanan dengan MathCityMap untuk Melatih Pemecahan Masalah Kontekstual
Full Text:
PDFReferences
Ayni, M. N., Sari, A., & Fitraini, D. (2023). E-Modul Bercirikan Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 83. https://doi.org/10.24014/sjme.v9i1.19021
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Caldeira, A., Viamonte, A. J., & Brás, H. (2020). Using Math trails as a Travel Guide. Proceedings of the ROSETA Online Conference .
D’Ambrosio, U., Monica Mesquita, & Sal Restivo. (2011). Asphalt Children and City Streets . Sense Publishers.
Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Ludwig, M., Zender, J., Rheinmain, H., & Gurjanow, I. (2017). Why do in-service teachers and student teachers use MathCityMap and why don’t-A short survey on acceptance and user behavior of MathCityMap. https://www.researchgate.net/publication/327981010
Muhammad, I., Marchy, F., Naser, A. do muhamad, & Turmudi, T. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Di Indonesia (2017 – 2022). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 267. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14085
Okpatrioka, O. (2023). Research and Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86–100.
Putri, N. D., Putri, Z. Y., & Mardikaningsih, D. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Math trails. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), 323–330.
Riyani, M. R. (2015). Local genius masyarakat Jawa kuno dalam relief Candi Prambanan. SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 2(1), 9–20.
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344.
Victory, C. G., Adriantoro, A. A., & Marcellinus Andy Rudhito. (2023). Pengembangan Math trails Menggunakan MathCityMap Berbasis Etnomatematika Embung Tambakboyo Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 11(2), 141–160. https://doi.org/10.25139/smj.v11i2.6410
Widya Lestari Ningsih, & Nibras Nada Nailufar. (2021). Sejarah Berdirinya Candi Prambanan. Kompas.
Wulantina, E., Fitriah, A., Putri, A. S., Ma’ruf, E. A., Aliyah, H., Sintyaningsih, S., & Vionica, Z. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Tiga Candi Trimurti Pada Kompleks Candi Prambanan. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(2), 88–97. https://doi.org/10.32938/jipm.8.2.2023.88-97
Yoni, Y., Tristia, D., Mahardhani, A. J., & Artikel, R. (2023). Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika dan Menguatkan Karakter Cinta Tanah Air di SDN 2 Gendingan. Journal of Basic Learning and Thematic (Vol. 1, Nomor 2).
DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v10i2.11947
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail