Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kesulitan belajar siswa

Elva Nuranggraeni, Kiki Nia Sania Effendi, Sutirna Sutirna

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis yang ditinjau dari kesulitan belajar siswa pada materi persegi dan persegi panjang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 30 siswa dari kelas VII-8 dengan subjek yang diteliti sebanyak 3 siswa disalah satu sekolah menengah pertama yang berada di Kabupaten Bekasi. Pengumpulan data dengan cara menyebarkan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan wawancara dengan menggunakan bantuan aplikasi whatsapp. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi dan sedang masih mengalami kesulitan dalam menggunakan prinsip dan kesulitan dalam memecahkan soal uraian, sedangkan subjek berkemampuan matematika rendah masih mengalami kesulitan mengemukakan konsep, kesulitan dalam menggunakan prinsip dan kesulitan dalam memecahkan soal uraian. Persentase koefisien determinasi yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir kreatif matematis diperoleh sebesar 20% siswa yang tergolong ke dalam kategori kelompok kemampuan tinggi, 60% siswa tergolong ke dalam kelompok kemampuan sedang dan 20% siswa tergolong ke dalam kelompok kemampuan rendah.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman (2012) Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta. Rineka Cipta

Abrar, A. I. P. (2018). Kesulitan Siswa SMP Belajar Konsep Dan Prinsip Dalam Matematika. Al- Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendeka¬tan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Creaswell. (2013). Penelitian Kualitatif & Desain Riset

Effendi, K. N & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika

Fitriarosah, N. (2016). “Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika vol 1.

Kereh, C. T., Sabadar, J., dan Tjiang, P. C. (2013). Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Konten Matematika Pada Materi Pendahuluan Fisika Inti. Proceedings of Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII, Fakultas Sains dan Matematika, UKSW Salatiga, 4. 1017.

Rahman, R. (2012). Hubungan Antara Self-Concept Terhadap Matematika dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. Infinity Journal, 1(1), 19–30.

Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing

Moleong, L. J. (2016). Metodoligi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muhaibin Syah (Sholekah, Anggreini, & Waluyo, 2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIA Majalah Ilmiah Kependidikan.

Munandar (Hendriana, Rohaeti, & Sumarmo, 2017) HARD SKILLS Dan SOFT SKILLS. Bandung: Refika Aditama.

Nuranggraeni, E & Effendi, K. N. (2019) Kemampuan Berpikir Kreatis MatematisSiswa SMP Kelas VII Pada Materi Persamaan Linear satu Variable dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Nuranggraeni, E. , & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel . Jurnal Pendidikan

Permatasari, B. A. D., Setiawan, T. B., Kristiana, A. I. (2015) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil.

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jurnal Refleksi Edukatika, 6(2), 145–157. Fitriarosah (Trisnawati, Pratiwi, Nurfauziah, & Maya, 2018)

Sudirman, S., Cahyono, E., & Kadir, K. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(2).

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (Anggota IKAPI).




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search