Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi SPLDV Berdasarkan Self Efficacy
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dengan self efficacy tinggi dalam memecahkan masalah pada materi SPLDV kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar, (2) untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dengan self efficacy rendah dalam memecahkan masalah pada materi SPLDV kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah MTsN 2 Kota Blitar. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa dengan self efficacy tinggi, dan 2 siswa dengan self efficacy rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) kreativitas siswa dengan self efficacy tinggi dalam memecahkan masalah materi SPLDV mampu mencapai kreativitas tingkat 3 (kreatif) dengan indikator yang dipenuhi yaitu kefasihan dan fleksibilitas, atau kefasihan dan kebaruan, (2) kreativitas siswa dengan self efficacy rendah dalam memecahkan masalah materi SPLDV terdapat variasi yaitu terdapat siswa yang mampu mencapai kreativitas tingkat 1 (kurang kreatif) dengan indikator yang dipenuhi adalah kefasihan dan terdapat siswa yang mencapai kreativitas tingkat 0 (tidak kreatif) dimana tidak ada indikator yang terpenuhi.
Kata Kunci: Kreativitas; Memecahkan Masalah; SPLDV; Self efficacyFull Text:
PDFReferences
Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175–185.
Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165.
Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119–130.
Hartiningrum, E. S. N., Maarif, S., & Wijayanti, A. (2020). Profil Kreativitas Siswa Feminim Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Open Ended Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(1), 45.
Husna, Iksan, M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 81–92.
Jagom, Y. O. (2015). Kreativitas siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri berdasarkan gaya belajar visual-spatial dan auditory-sequential. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3).
Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55.
Marasabessy, R. (2020). Kajian Kemampuan Self efficacy Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 168–183.
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 25–33.
Rahayu, F. (2019). Efektivitas Self efficacy Dalam Mengoptimalkan Kecerdasan dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 119–129.
Rahmawati, N., & Maryono. (2018). Pemecahan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Berdasarkan Model Polya pada Siswa Kelas VIII MTs Materi Pokok SPLDV. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 23–34.
Rahmawati, Y. O., & Sholihah, U. (2022). Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Kelas X. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika, 127–134.
Ramadhani, K. L., Firmansyah, D., & Haerudin. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Hots Kelas Viii Seni 1 Smp Negeri 2 Teluk Jambe Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 116–123.
Richardo, R., Retno, D., & Saputro, S. (2014). Tingkat Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(2), 141–151.
Riyanti, B. P. D. (2019). Kreativitas dan Inovasi di Tempat Kerja. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Suciawati, V. (2019). Pengaruh Self efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 17–22.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suherman. (2015). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90.
Sularningsih, S., Battijanan, A., & Widodo, S. A. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Langkah Poliya Siswa SMK.
Syahara, M. U., & Astutik, E. P. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mosharofa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 201–212.
Yulianto, & Sutiarso, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 289–295.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail