Eksplorasi Etnomatematika pada Pesarean Empu Ronggo Warsito, Prasasti Peninggalan Eyang Syafi’i Hidayatullah dan Petilasan Mbah Sedomargi Mantup

Nadia Nashwa Khoirunnisa, Nur Latifah Hanum, Agus Prasetyo Kurniawan

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan adanya hubungan matematika dengan budaya (etnomatematika) pada Pesarean Empu Ronggo Warsito, Prasasti Peninggalan Eyang Syafi’i Hidayatullah dan Petilasan Mbah Sedomargi Mantup yang menunjukkan bahwa etnomatematika dapat digunakan untuk alternatif dalam memperoleh pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif eksploratif menggunakan pendekatan etnografi. Hasil wawancara yang telah dilakukan menunjukkan bahwa di desa Gurit, Babatan, Mantup terdapat pemakaman yang merupakan sebuah makam dari seorang Empu dan makam seorang tokoh agama yang masih memiliki darah keturunan Waliyullah, beliau bernama Empu Ronggo Warsito dan terdapat prasasti peninggalan Eyang Syafi’i Hidayyatullah, serta terdapat petilasan Mbah Sedomargi di Mantup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat etnomatematika pada Pesarean Empu Ronggo Warsito, Prasasti Peninggalan Eyang Syafi’i Hidayatullah dan Petilasan Mbah Sedomargi Mantup ini yaitu ditemukan konsep matematika khususnya konsep transformasi geometri dan bangun datar.

Full Text:

PDF

References


Arsyam, M. & M. Yusuf Tahir. (2021). Ragam Jenis Penelitian dan Perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 37–47. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.17

Muhammad, I. (2023). Penelitian Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika (1995- 2023).

Prahmana, Risdiyanti. (2018). Etnomatematika: Ekplorasi dalam permainan tradisianal jawa.

Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang.

Richardo, R. (2017). Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118. https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125

Sinaga, Q. A., & Yahfizham, Y. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Makam Papan Tinggi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1867–1876. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2245

Sukmadinata. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.

Sutarsa, D. A., & Puspitasari, N. (2021). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa antara Model Pembelajaran GI dan PBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 169–182. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1035

Wahyuni, A., & Pertiwi, S. (2017). Etnomatematika dalam ragam hias melayu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113–118. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.61




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v10i1.9514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search