Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Kelas VII

Ayu Mayang Sari, Novi Susanti, Chika Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif, sehingga data hasil analisisnya berbentuk kata-kata. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, tes dan analisis wawancara. Observasi dilakukan terhadap siswa pada saat proses belajar mengajar belangsung dengan materi aritmatika sosial. Instrumen penelitian menggunakan soal tes. Analisis yang digunakan adalah lembar hasil tes siswa. Tes dilaksanakan di MTs Guppi Pagaralam tahun pelajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa yang mngikuti tes 31 orang. Sedangkan wawancara dilakukan terhadap siswa yang dipilih berdasarkan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial. Hasil penelitian menunjukkan ada 3 tipe kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial tipe kesalahan 1 yaitu a. Siswa salah dalam menentukan apa yang diketahui, b. Siswa salah dalam menentukan apa yang ditanyakan, tipe kesalahan 2 yaitu siswa salah dalam membuat model matematika tipe kesalahan 3 yaitu a. Siswa salah dalam melakukan operasi pengurangan, b. Siswa salah menghitung nilai % (persen) ke dalam bentuk desimal, c. Siswa salah dalam melakukan operasi pembagian. Dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi guru dalam merencanakan kegiatan belajar mengajar. Letak kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi arimatika sosial telah diketahui sehingga guru dapat mengambil langkah antisipasi agar kesalahan serupa tidak terjadi lagi.

 

Kata Kunci : Analisis; Kesalahan; Aritmatika Sosial


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Meilando, Reksy. (2017). Profil Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Siswa Kelas VIII SMP Labschool Untad Palu Ditinjau dari kemampuan Matematika. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, vol. 5. (No.2), hal. 214

Muslika. (2014). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.c SMP Negeri 1 Mumbulsari Jember pada materi Aritmatika Sosial dengan Model React (relating, experiencing, applying, cooperating, Transferring) tahun 2012/2013. Kadikma, vol. 5. (No.1), hal. 176

Paramitha, Nandya. (2017). Analisis Proses Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Aritmatika Sosial Siswa SMP Berkemampuan Tinggi. Jurnal Mitra Pendidikan (JPM Online), vol. 1. (No.10), hal. 984

Widyaningrum, Zulfa, Amalia. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Iqra, vol. 1. (No.2), hal. 169




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search