Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament dengan Permainan Kapal Perang Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A’yun, Q., & Sujiwo, D. A. C. (2019). Pengaruh teams game tournament terhadap prestasi belajar matematika siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 121–129. https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.250
Brezovszky, B., McMullen, J., Veermans, K., Hannula-Sormunen, M. M., RodrÃguez-Aflecht, G., Pongsakdi, N., Laakkonen, E., & Lehtinen, E. (2019). Effects of a mathematics game-based learning environment on primary school students’ adaptive number knowledge. Computers and Education, 128, 63–74. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.011
Dewi, V. R., Syamsuri, & Khaerunnisa, E. (2019). Karakteristik motivasi ekstrinsik dan intrinsik siswa smp dalam belajar matematika. Jurnal Penelitian Pengajaran Matematika, 1(2), 116–128.
Hanany, F., & Sumaji, S. (2021). Berfikir kreatif dalam matematika. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 5(2), 77. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i2.2888
In’am, A., & Sutrisno, E. S. (2021). Strengthening students’ self-efficacy and motivation in learning mathematics through the cooperative learning model. International Journal of Instruction, 14(1), 395–410. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14123A
Khaeroh, A., Anriani, N., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan penalaran matematis. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 73. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i1.8570
Kumala, F. Z. (2021). Pengaruh penggunaan youtube terhadap minat. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(2), 107–116. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.3365
Nurfadilah, I., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). Pengaruh pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 152. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.9300
Nurmahmidah. (2017). Tournament (Tgt) pada pokok bahasan peluang sebagai upaya penerapan model pembelajaran kooperatif meningkatkan prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas X Mia 2 SMA Negeri 1 Sedayu. Jurnal Mereumatika, 1(2), 139–146.
Powell, S. R., Hebert, M. A., Cohen, J. A., Casa, T. M., & Firmender, J. M. (2017). A synthesis of mathematics writing: Assessments, interventions, and surveys. Journal of Writing Research, 8(3), 493–526. https://doi.org/10.17239/jowr-2017.08.03.04
Syarif, A. F., Mania, S., Ika, A., Abrar, P., & Nur, F. (2021). Pengembangan LKPD berbasis model kooperatif think pair- share untuk meningkatkan aktivitas belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(2), 79–86. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.2845
Tahir, T., & Murniati, M. (2019). Penerapan Metode Scamper Dalam Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 4(2), 43. https://doi.org/10.24269/silogisme.v4i2.2072
Uskono, I. V., Rowa, Y. R., & Naiheli, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 5(1), 1–7.
Wafa, M. A. A., & Radia, E. H. (2020). Meta-Analysis of Teams Games Tournament Learning Model on Mathematics Learning Outcomes. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, 3(3), 81–88. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v3i3.27662 Meta-Analysis
Worthington, M., & van Oers, B. (2016). Pretend play and the cultural foundations of mathematics. European Early Childhood Education Research Journal, 24(1), 51–66. https://doi.org/10.1080/1350293X.2015.1120520
Yadav, D. K. (2017). Exact definition of mathematics. International Research Journal of Mathemathics, Engineering and IT, 4(1), 34–42.
DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4195
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail