Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Balok Kelas VIII
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektivan pembelajaran matematika melalui model Problem Based Learning Efektif pada hasil belajar siswa pada materi balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU Tahun Pelajaran 2017-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU Tahun Pelajaran 2017-2018 yang berjumlah 165 siswa, sampel dalam  penelitian ini adalah kelas , dan Pengumpulan data diambil dengan metode tes dalam bentuk essay, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu uji hipotesis dengan rumus t (statistik uji t). Setelah diadakan penelitian maka didapat yaitu 1,88 > 1,66 maka Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran  Problem Based Learning efektif terhadap Hasil Belajar siswa pada materi balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Sakti Pumu Tahun Ajaran 2017/2018. Berkaitan dengan hasil penelitian, guru matematika disarankan untuk dapat menggunakan pendekatan model Problem Based Learning sebagai salah satu strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Â
Kata Kunci : Efektivitas, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta.
Avianti , N. (2012). Mudah Belajar Matematika untuk kelas VIII Sekolah menenga Pertama/Madrasah Tsanawijaya. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Fathurrohman, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.
Mutia. (2017). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya, Jurnal Tadris Matematika, vol. 10, no.1,diakses pada tanggal 23 maret 2018
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,kualitatif dan R & D. Bandung
DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.543
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail