Analisis Kesulitan Siswa SD kelas IV dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan

Nur Azizah Imaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan operasi aritmatika pecahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dari siswa dalam kategori tinggi, siswa dalam kategori sedang, dan siswa dalam kategori rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B kelas 15 SD Negeri Muara Bakti 03 Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik purposive sampling untuk pengambilan subjek dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen pertanyaan, wawancara, dan dokumentasi. untuk analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis data yaitu mengelompokkan hasil yang diperoleh dari instrumen tes yang diberikan peneliti dengan materi operasi hitung pecahan, ada kategori siswa yang memiliki hasil instrumen tes rendah, sedang, dan tinggi. Dalam hal ini siswa kategori rendah, sedang, dan tinggi mengalami kesulitan yang sama mengenai operasi pecahan dengan penyebut yang berbeda, faktornya adalah siswa masih belum memahami konsep dasar materi pecahan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.3167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search