Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence
Abstract
Penelitian ini ditujukan guna menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Kudus berdasarkan tingkat self-confidence yang dimiliki. Subjek yang digunakan yaitu 3 peserta didik kelas X jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Kudus dimana ketiganya memiliki tingkat kepercayaan diri yang berbeda, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket self-confidence, tes kemampuan berpikir kritis, serta wawancara. Untuk menganalisis data, teknik yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data digunakan teknik triangulasi waktu. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin tinggi tingkat self-confidence peserta didik maka semakin baik pula kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik tersebut, begitupun sebaliknya.
Full Text:
PDFReferences
Agryvita1, Busnawir , dan Latief Sahidin. “Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa.†Presentasi pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika II, Universitas Halu Oleo Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari, 13 Januari, 2019.
Agusman. “Desain Model Pembelajaran Matematika yang Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis.†Jurnal Pendidikan Matematika 2, No.2 (2016): 111-121.
Danaryanti, A., & Lestari, T. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Matematika Mengacu pada Watson-Glaser Critical Thingking Appraisal pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Banjarmasin Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017.†Jurnal EDU-MAT 5, No.2 (2017): 116-126.
Hajar, Mira Siti dan Eva Dwi Minarti. “Pengaruh Self Confidence Siswa SMP Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis,†Jurnal Majamath 2, No.1 (2019): 1-6.
Hendriana, Heris, Euis Eti Rohaeti, dan Utari Sumarno. Hard Kemampuans dan Soft Kemampuans Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama, 2017.
Hidayat. “Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi.†Kalamatika: Jurnal pendidikan matematika 2, No.1 (2017): 15-28.
Manfaati, Khurnia. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Gaya Belajarnyaâ€, Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang (2017).
Martyanti, A. “Membangun Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving.†Presentasi pada Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika, UNY, 2013.
Nurkholifah, Siti, Toheri, dan Widodo Winarso. “Hubungan antara Self Confidence dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika,†Edumatica 8, No.1 (2018): 58-66.
Purwati, Ratna, Hobri, Ari Fatahillah. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat pada Pembelajaran Model Creative Problem Solvingâ€. Jurnal Kadikma 7, No.1 (2016): 84-93.
Septiani, Tamia, Muhammad Abdussalam Hudanagara , Heris Hendriana, dan Ika Wahyu Anita. “Pengaruh Self Confidence dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMPâ€. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI) 1, No.2 (2018).
Tresnawati, Wahyu Hidayat, dan Euis Eti Rohaeti. “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMAâ€. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education (Symmetry) 2, No.2 (2017): 116-122.
Widana, I.W., dkk. “Higher Order Thinking Kemampuans Assessment toward Critical Thinking on Mathematics Lessonâ€. International Journal of Social Sciences and Humanities 2, No.1 (2018): 24-32.
Wulandari, Ika Putri. “Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa Ditinjau dari Adversity Quotientâ€. PRISMA 2, No.2 (2019): 629-636.
Zetriuslita, Rezi & Nufus. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswaâ€. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung 5, No.1 (2016): 56-65.
DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail