Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis STEM Terhadap Pemahaman Konsep Matematis
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ahmadiyah, A. (2020). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis SETS pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi.
Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.62
Atmadja, O. S., Karnadi, H., & Renaningtyas, L. (2015). Perancangan Buku Digital Panduan Perjalanan Wisata Pengendara Sepeda Motor Di Pulau Madura. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 12.
Baqiyudin, G. (2013). Perbandingan Metode Pembelajaran Whole Practice Dan Part Practice Terhadap Hasil Belajar Dribbling Bolabasket (Studi Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Jogoroto Jombang). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1).
BRYAN ARNOLD, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjualan Di Smk Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(4), 115–122.
Farida, Zakiy, M. A., & Muhammad, S. (2018). Pengembangan Media Android dalam Pembelajaran Matematika. TRIPLE S:Jourals of Mathematics Education, 1(2), 87–96.
FARINA PUTRI, Y. (2017). Pengembangan Aplikasi Buku Saku Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Hukum Kesehatan di Akademi Farmasi Surabaya. It-Edu, 2(02), 22–23.
Haris Budiman. (2014). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 31–43.
Harnisa, F., Maharani, I., & Ferryansyah, F. (2019). Pengembangan Buku Saku Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Bilangan. Mathematic Education and Aplication Journal (META), 1(1), 8–18.
Herawati, I., Putra, F. G., & Masykur, R. (2020). POCKET BOOK DIGITAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA SEBAGAI BAHAN AJAR SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Journal of Mathematics Education and Sciences, 3.1, 29–37.
Hermawan, A. F., & Ekhohariadi. (2019). Pengembangan Aplikasi Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Mobile Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Bagi Siswa Kelas X TKJ di SMKN 1 Sidayu Gresik. Jurnal IT-Edu, 03, 1–121.
KHUMAIDI, A., & SUCAHYO, I. (2018). Pengembangan Mobile Pocket Book Fisika Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Momentum Dan Impuls. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2), 154–158.
Komarudin, K., Puspita, L., Suherman, S., & Fauziyyah, I. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar: Dampak Model Project Based Learning Model. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 43–53.
KOMARUDİN, K., SUHERMAN, S., PUSPITA, L., ARRAFIANSYAH, R., & HASANAH, U. (2020). Program course lab 2.4 mathematics learning media for increasing of creativity domain at Higher Order Thinking Skills (HOTS). Journal of Gifted Education and Creativity, 7(3), 131–136.
Komarudin, K., & Thahir, A. (2019). Bahan Ajar Berbasis Mathematical Comic: Dampak Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 98–110.
Kridel, C., & Breault, D. A. (2012). Instructional Design. In Encyclopedia of Curriculum Studies. https://doi.org/10.4135/9781412958806.n258
Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. 10, 48–52.
Molenda, M. (2003). In Search of the Elusive ADDIE Model. In Annales Médico-psychologiques, revue psychiatrique. https://doi.org/10.1016/j.amp.2004.06.015
Mundiri, A., & Hasanah, R. U. (2018). Inovasi Pengembangan Kurikulum Pai di SMP Nurul Jadid. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 40–68.
Nasional, D. P. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V. Gramedia Pustaka Utama.
R Nurmala , Maharani Izzatin, A. M. (2019). Desain pengembangan buku saku digital matematika smp berbasis android sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa. Edukasia, 6, 4–17.
Rodiawati, H., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan E-Learning Melalui Modul Interaktif Berbasis Learning Content Development System. Jurnal Tatsqif, 16(2), 172–185. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.190
Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 245. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10633
Sairi, A. P. (2018). Pengembangan Buku Saku (E-Media) Termodinamika Berorientasi Android. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya (JIFP), 53(9), 1689–1699.
Saputra, M., Abidin, T. F., Ansari, B. I., & Hidayat, M. (2018). The feasibility of an Android-based pocketbook as mathematics learning media in senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012056
Sari, A. S. (2017). Pengembangan Buku Digital Melalui Aplikasi Sigil Pada Mata Kuliah Cookies dan Candys. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 3.1, 46–54.
Shanley, L. (2016). Evaluating Longitudinal Mathematics Achievement Growth: Modeling and Measurement Considerations for Assessing Academic Progress. Educational Researcher, 45(6), 347–357. https://doi.org/10.3102/0013189X16662461
Sugianto, A., & Yundra, E. (2019). PENGEMBANGAN POCKET DIGIBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO Ahmad Sugianto Eppy Yundra Abstrak. Jurnal Pendidikan Elekro, 08 No. 03, 519–526.
Sulistri, E., Sunarsih, E., & Utama, E. (2020). Jurnal Kependidikan: Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar Kota Singkawang Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , STKIP Singkawang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , STKIP Singkawang Corresponding Author. Email. 6(3), 522–531.
TRI BUDI PRAKARSO, D. (2016). Penerapan Permainan Tradisional Terhadap Keseimbangan Pada Anak Tunarungu Kelas Bawah SDLB Tunas Mulya Sememi Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2).
Widodo, A., & Wijatmo, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Digital Berbasis Android Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Sma N 1 Jetis Pada Materi Pokok Keseimbangan Benda Tegar. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 147–154.
DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.3221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail