Analisis Kebutuhan dan Perilaku ABK Tunarungu dan Wicara dalam Pembelajaran Matematika Dasar di SKh Kabupaten Pandeglang

Linda Linda Linda, Ajeng Muliasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan dan perilaku Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu dan Wicara) dalam pembelajaran matematika dasar di Sekolah Khusus (SKh) se-Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskrtiptif. Subjek sebanyak 6 anak  tunarungu wicara, dipilih secara random sampling dari 29 anak tunarungu wicara . Objek penelitian ini adalah kebutuhan dan perilaku Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu dan wicara) dalam pembelajaran matematika dasar di Sekolah Khusus (SKh) se-Kabupaten Pandeglang. Data hasil penelitian dianalisis dengan melihat kebutuhan dan perilaku anak tunarungu dan wicara dalam pembelajaran matematika dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan anak tunarungu dan wicara adalah media pembelajaran, alat peraga matematika, perbendaharaan kata (kosa kata), dan pemahaman materi yang baik. Perilaku anak tunarungu dan wicara yaitu mereka menyukai pelajaran matematika dasar tergantung pada mudah atau tidak mudahnya materi. Apabila materi mudah, anak tunarungu wicara sangat antusias dalam belajar dan sebaliknya. Anak tunarungu wicara dapat berkonsetrasi dengan baik di kelas pada saat kegiatan pembelajaran matematika dasar. Anak tunarungu dapat memahami materi matematika dengan baik. Anak tunarungu wicara memiliki harga diri yang tinggi, disiplin, jiwa kompetisi, dan dapat menerima kekalahan.  Rata-rata anak tunarungu wicara senang dalam pembelajaran matematika dasar.   

Kata Kunci: Tunarungu-wicara; Perilaku;  Kebutuhan;  Matematika Dasar 


Full Text:

PDF

References


Alimin, Zaenal. 2012. Anak Berkebutuhan Khusus, Modul pada Universitas

Pendidikan Indonesia : tidak diterbitkan.

Andin, J., Rönnberg, J., &, Mary, R. 2014. Deaf signers use phonology to do

arithmetic. Journal Learning and Individual Differences 32 (2014) 246–253.

Ashori, Mohammad. 2020. Speech intelligibility and auditory perception of pre-school

children with Hearing Aid, Cochlear Implant and Typical Hearing. Journal of Otology

(2020) 62e66.

David, Smith, J. 2009. Inklusi ( Sekolah Ramah Untuk Semua ). Bandung: Nuansa.

Desiningrum, Ratrie, D. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta:

Psikosain.

Humphries, T, Kushalnagar, P., Mathur. G., Napoli, J., D., Rathmann, C., Smith, S. 2019.

Support for parents of deaf children: Common questions and informed, evidence-based

answers. USA: International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology 118 (2019) 134–

Illahi, T., M. 2013. Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar–Ruzz

Media.

Kelly, R., Ronald, & Gaustad, G., Martha. 2007. Deaf College Students’ Mathematical

Skills Relative to Morphological Knowledge, Reading Level, and Language Proficiency.

Journal of Deaf Studies and Deaf Education 12:1.

Kritzer, L, Karen. 2009. Barely Started And Already Left Behind: A Descriptive Analysis

Of The Mathematics Ability Demonstrated By Young Deaf Children. England: Oxford

University Press, Journal of Deaf Studies and Deaf Education14:4.

Kustawan, Dedy. 2012. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta:

Luxima Metro Media.

Maswar. 2019. Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (MMS)

Berbasis Metode Permainan Mathemagic, Teka-Teki Dan Cerita Matematis. Situbondo:

Fakultas Tarbiyah Universitas Ibrahimy, Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Matematika, Desember 2019, Vol. 1, No. 1.

Purwanto, Heri. 1998. Ortopedagogik Umum. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta (tidak

diterbitkan).

Sediyono, E., dan Malatista, R., B. 2010. Model Pembelajaran Matematika untuk Siswa

Kelas IV SDLB Penyandang Tunarungu dan Wicara dengan Metode Komtal Berbantuan

Komputer. Jurnal Informatika, Vol 7, No 1, Juni 2011: 7 – 26.

Solikhatun, U, Yanuar. 2013. Penyesuaian Sosial Pada Penyandang Tunarungu di SLB

Negeri Semarang. Semarang: Educational Psychology Journal 2 (1) (2013).

Suherman dan Hidayat, R. 2016. Komunikasi Matematis Siswa Tunarungu Pada

Pembelajaran Matematika di SMPLB-B PKK Provinsi Lampung. Lampung: Jurnal

Pendidikan Progresif, Vol. VI No. 1 April 2016 hal. 73 – 84 (FKIP Universitas

Lampung).

Vitova, J., & Balcarov, J. 2012. Language competence versus the mathematical concepts

of pre-school children with hearing impairments. Journal Social and Behavioral Sciences

( 2012 ) 2076 – 2081.




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search