ANALISIS PROSES BERPIKIR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS: PERSPEKTIF INTELLIGENCE QUOTIENT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir peserta didik dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) ditinjau dari Intelligence Quotient (IQ). Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Pengumpulan data menggunakan teknik think aloud dimana subjek mengungkapkan pemikiran mereka saat mengerjakan soal. Subjek penelitian berasal dari empat kelompok yaitu peserta didik yang memiliki IQ sangat cerdas, cerdas di atas rata-rata, dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peserta didik dengan IQ sangat cerdas dapat menyelesaikan soal HOTS dengan proses berpikir vertikal dan proses berpikir lateral, dan dilihat dari level kognitifnya mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi; (2) Peserta didik dengan IQ cerdas dan di atas rata-rata dapat menyelesaikan soal HOTS dengan menggunakan proses berpikir lateral dan dilihat dari lavel kognitifnya mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi; Dan (3) Peserta didik dengan IQ rata-rata berusaha menyelesaikan tes soal HOTS dengan caranya berpikir lateral akan tetapi belum dapat memenuhi keempat aspek berpikir lateral dan dilihat dari level kognitifnya belum mampu menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi.Â
References
Afifah, M. N., Septiarini, F.N. & Afifah, F.H. (2019). Analisis Higher Order Thinkink Skill Peserta didik SMP ditinjau dari perbedaan gender. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 130 – 137. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7102
Apandi, I., Baehaqi, M.A. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Abad 21 dan HOTS. Yogyakarta: Samudra Biru.
Bono E. D. (2015). Lateral Thinking: Creativity Step by Step (e-book)
Ceci, S. (1991). How much does schooling influence general intelligence and its cognitive components? A reassessment of the evidence. Developmental Psychology, 27(5), 703–722. DOI: https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0012-1649.27.5.703
Evans, J., Floyd, R., McGrew, K. S., & LeForgee, M. (2002). The relations between measures of Cattel-Horne-Carroll (CHC) cognitive abilities and reading achievement during childhood and adolescence. School Psychology Review, 31(2), 246-251. Diakses dari https://psycnet.apa.org/record/2002-17412-008
FIP UPI. (2019). Laporan Hasil Pemeriksaan Psikologis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Singaparna Tahun Pelajaran 2019-2020. Bandung: LPM Laboratorium Psikologi dan Bimbingan FIP UPI.
Hendriana, H & Soemarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaan matematika (Edisi Revisi).
Bandung: Refika Aditama.
Kahveci, N. G. & Akgul, S. (2019). The relationship between mathematical creativity and intelligence: a study on gifted and general education students. Gifted and Telented International 34(2019). DOI: https://doi.org/10.1080/15332276.2019.1693311
Miles M. B. & Huberman A. M. (1994) Qualitative Data Analysis: An analytic approach for discovery (Second Edi SAGE Publications)
Mulyani, M. dan Muhtadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill Ditinjau dari Gender. JPPM 12 (1). DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4851
Nggaba, E. M. (2018). Proses Berpikir Lateral matematis peserta didik dalam menyelesaikan Masalah Lontektual Ditinjau dari Gaya Kognitif. Repositori.upi.edu. Diakses dari http://repository.upi.edu/41645/
Ramli, M. (2015). Implementasi Riset dalam Pengembangan Higher Order Thinking Skills pada Pendidikan Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains V (SNPS V). Magister Pendidikan Sains dan Doktor Pendidikan IPA FKIP UNS. ISSN: 2407-4659. Diakses
dari https://www.neliti.com/id/publications/172168/implementasi-riset-dalam- pengembangan-higher-order-thinking-skills-pada-pendidik
Roid, G. H. & Barram, R. A. (2004). Essentials of Stanford-Binet Intelligence Scales (SB5) Assessment. United States of America. John Wiley & Sons,Inc. Diakses dari https://catalog.library.vanderbilt.edu/discovery/fulldisplay/alma991012679899 703276/01VAN_INST:vanui
Rosnawati, R. (2011). Berpikir lateral dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (139144). Yogyakarta: UNY. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/7184/1/PM-19%20-
%20R.%20Rosnawati.pdf
Saido, G.M., Siraj, S., Nordin, A.B., dan Al Amedy, O.S. (2015). Higher Order Thinking Skills Among Secondary School Students in Science Learning. Malaysian Journal of Education 3 (3). Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1085914
Sani, R.A. (2017). Best Practices Pengelolaan Sekolah. Tangerang: Tira Smart.
Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., dan Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sloane, P. (2003). The Leader’s Guide to Lateral Thinking Skills. London: Kogan Page Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta, CV.
Sumarmo, U., Hendriana, H., Ahmad, dan Yuliani, A. (2019). Tes dan Skala Matematika Bernuansa High Order Thinking Skill. Bandung. PT Refika Aditama.
Villagonjalo, R. R. (2016). Intelligence Quotiente, Emotional Quotiente, Spritual Quotiente, and Adversity Quotiente and the Academic Performance Students. Thesis Presented to the Faculty of the Psychology Department St. Alexius College City of Koronadal. Diakses dari https://www.peaklearning.com/wp- content/uploads/2019/05/PEAK_GRI_Villagonzalo.pdf
Whetten, D. (2011). Developing Management Skills. Upper Saddle River, NJ: Prentice. ISBN 978-0-13-612100-8.
DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4514
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail