Kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis diukur dari model pembelajaran WEE dengan pendekatan SAL

Desti Puspita Ningsih, Bambang Sri Anggoro, Dona Dinda Pratiwi

Abstract


Inovasi model pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis. Salah satunya adalah model pembelajaran WEE dengan pendekatan SAL yang membuat peserta didik terlibat aktif dan terlatih untuk bisa memahami suatu konsep dan bernalar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen dan kontrol terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis peserta didik. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design dengan populasi seluruh siswa kelas VII diSMP Negeri 1 Semaka. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Tenik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Multivariate Analysis of varians dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian ini memperoleh nilai ð‘ − ð‘£ð‘Žð‘™ð‘¢ð‘’ sebesar 0,000 yang menunjukkan terdapat terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis secara simultan dan parsial.


Full Text:

PDF

References


Anderson, T. H., West, C. K., Beck, D. P., Macdonell, E. S., & Frisbie, D. S. (2010). Integrating reading and science education: On developing and evaluating WEE Science. Journal of Curriculum Studies, 29(6), 711–734. https://doi.org/10.1080/002202797183847

Anggoro, B. S., Agustina, S., Komala, R., Komarudin, Kittisak, Jermsittiparsert, & Widyastuti. (2019). An Analysis of Students’ Learning Style, Mathematical Disposition, and Mathematical Anxiety toward Metacognitive Reconstruction in Mathematics Learning Process. 10(2), 187–200.

Anggoro, B. S., Haka, N. B., & Hawani. (2019). Pengembangan Majalah Biologi Berbasis Al-Qur’an Hadist Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Peserta Didik Kelas X Di Tingkat SMA/MA. Biodik, 5(2), 164–172. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.6432

Anggoro, B. S., Puspita, N., & Pratiwi, D. D. (2021). Mathematical-analytical thinking skills : The impacts and interactions of open-ended learning method & se- lf-awareness ( its application on bilingual test instruments ). 12(1), 89–107.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Iqoh, U., Rinaldi, A., & Putra, R. W. Y. (2021). Model Pembelajaran WEE Ditinjau dari Curiosity: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 267. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9970

Kusuma, R. D. F. D., Nasution, S. P., & Anggoro, B. S. (2018). Multimedia Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Komputer. 1(2), 191–199.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Liasi, S. B. (2019). Studi Analisis Penerapan Pembelajaran Melalui Pendekatan Student Active Learning Di SMP Negeri 2 Dampal Selatan. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(3), 238–251.

Malatjie, F., & Machaba, F. (2019). Exploring mathematics learners’ conceptual understanding of coordinates and transformation geometry through concept mapping. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(12), 1–16. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/110784

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Mukuka, A., Mutarutinya, V., & Balimuttajjo, S. (2021). Mediating effect of self-efficacy on the relationship between instruction and students’ mathematical reasoning. Journal on Mathematics Education, 12(1), 73–92. https://doi.org/10.22342/JME.12.1.12508.73-92

Munasiah, Solihah, A., & Heriyati. (2020). Pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa dalam pembelajaran matriks. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).

Nababan, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, XI(1), 6–12. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1239

Netriwati. (2018). Mikroteaching Matematika Edisi II. Jawa Timur: CV. Gemilang.

Nur Fitriyanah, N., Sumarni, & Riyadi, M. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Materi Sistem Persamaan Linear Dua. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (SENDIKSA-3), 3(1), 123–138.

Purwanti Malik, R., Afandi, A., LA Nani, K., & Hamid, H. (2022). Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Bentuk Aljabar Di SMP Negeri 3 Kota Ternate. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(1), 76–86.

Sohilait, E. (2021). Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran Matematika. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Sukiyanto. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Menggunakan Pendekatan Active Learning pada Materi Bangun Datar. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 57. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2834

Ulfi Yolanda, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, Composition) Melalui Pendekatan Student Active Learning (SAL) Terhadap Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. UIN Raden Intan Lampung.

Ulfiyati, U., & Rahayu, R. (2022). Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Langsung. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Snapmat), 118–125. Retrieved from https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/188/197

Wahyuni, T., Komarudin, K., & Anggoro, B. S. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Wee Dengan Strategi Qsh Ditinjau Dari Self Regulation. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 65–72. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1724

Widyastuti, R., Suherman, Anggoro, B. S., Negara, H. S., Yuliani, M. D., & Utami, T. N. (2019). Understanding Mathematical Concept : The Effect Of Savi Learning Model With Probing-Prompting Techniques Viewed From Self-Concept. Journal of Physics:Conference Series PAPER. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012060

Yunus, N. A., Djakaria, I., & Hulukati, E. (2020). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 30–38. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2591

Yusofa, D., Yuliati, L., & Muhardjito. (2019). Pengaruh Thinking Maps dalam Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 46–50. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11852

Zaman, B. (2020). Penerapan Active Learning Dalam Pembelajaran Pai. Jurnal As-Salam, 4(1), 13–27. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.148




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v9i2.7968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search