Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh dengan multimedia interaktif berbasis PowerPoint pada materi aljabar dalam pembelajaran matematika SMP. Subyek penelitian adalah 13 peserta didik kelas VII di Kabupaten Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengacu pada model Miles and Huberman. Hasil dari penilitian ini adalah: (1) Perlu adanya media pembelajaran, (2) materi aljabar merupakan salah satu materi yang masih sulit dipahami peserta didik karena sifatnya yang abstrak, (3) peserta didik memerlukan multimedia interaktif yang menarik dan inovatif dalam pembelajaran matematika, (4) multimedia interaktif berbasis Powerpoint dapat menjadi solusi yang tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi aljabar kelas VII saat pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan dalam penelitian ini bahwa dibutuhkan multimedia interaktif berbasis Powerpoint pada materi aljabar untuk mempermudah guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran matematika kelas VII SMP.
Full Text:
PDFReferences
Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201. DOI: https://doi.org/10.31764
Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif menggunakan PowerPoint VBA pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 17–31. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Astuti, Y. J. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft PowerPoint Mata Pelajaran IPA Materi Peredaran Daran Manusia Untuk Siswa Kelas V SD Kanisius Jetisdepok. Skripsi. Universitas Sanata Dhama.
Cahani, K., & Effendi, K. N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 120–128 Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/index.
Cucum, Rohayat, A., Rusmana, M., & Tetep. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Program Powerpoint Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pengembangan, 3(1), 418–440. DOI: https://doi.org/10.31980/tp.v3i1.142.g217
Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 1–5. DOI: http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/index%0ADAMPAK
Fauziah, L. R., Jalinus, N., & Wakhinuddin, S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6. AL MURABBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1–7. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai
Gute, A., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. PROCEEDINGS OF THE 1st STEEEM 2019, 1(1), 272–277. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/STEEEM/article/view/2841
Handayani, T., Hartatiana, & Muslimahayati. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan Dan Deret Aritmatika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 160–168. DOI: http://dx.doi.org/10.33087/phi.v4i2.111
Indriyanti, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Materi Penyesuaian Makhluk Hidup Terhadap Lingkungan Untuk Siswa Kelas V. Skripsi. Universitas Sanata Dhama.
Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/25
Kemenkes RI. (2021). Situasi COVID-19 Kondisi 21 Januari 2021. Retrieved from https://www.kemkes.go.id/
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung, Indonesia: PT. Refika Aditama.
Lubis, M. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Komik Untuk Meningkatkan Minat Baca PPKN Siswa MIN Ramba Padang Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Tarbiyah, 25(2), 152–173.. Retrieved from https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.370
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113–123. Retrieved from http://jurnal.fai@umi.ac.id
Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kesulitan Belajar Siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 107–114. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066
Nurani, N. I., Uswatun, D. A., & Maula, L. H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PGSD, 6(1), 50–56. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JPS
Nurdyansyah, & Lestari, R. P. (2018). Pembiasaan Karakter Islam Dalam Pengembangan Buku Ajar Bahasa Jawa Piwulang 5 Pengalamanku Kelas I MI Nurur Rohmah Jasem Sidoarjo. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 1–27.
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 145. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645
Prambudi, E. Y., & Yunianta, T. N. (2020). Pengembangan Media Bus Race Algebra Pada Materi Bentuk Aljabar Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 8–22. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.150
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155
Rahmani, N. (2014). Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Pembelajaran Wayang Untuk Siswa SMP Kelas VIII D.I. Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Saputro, T. A., Kriswandani, & Ratu, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas VII. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 1–8. DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1775
Setiyadi, M. W., Ismail, & Gani, H. A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 104. Retrieved from https://conf.unm.ac.id/JEST/article/view/3468.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION, 1(2), 59–74. DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272
DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail