IMPROVING STUDENTS 'MATHEMATICAL COMMUNICATION SKILLS THROUGH THE RECIPROCAL TEACHING MODEL
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Muhamad., dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah.Universitas Islam Sultan Agung Semarang: Penerbit Unisula Press.
Daryanto.(2010). Belajar dan Mengajar.Bandung: CV. Yrama Widya.
Dimyati,& Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta..
Djamari, S.B. & Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Garderen, Delinda Van. (2004). “Reciprocal Teaching As A Comprehension Strategy For Understanding Mathematical Word Problemsâ€. Reading And Writing Quarterly. New York: Taylor & Francis Group.
Handayani, Ayu, dkk.(2014). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Bagi Siswa Kelas VII MTsN Lubuk Buaya Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika. Part 1 Vol. 3 No. 2 hal 1-6.
Hodiyanto.(2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika.Ad MathEdu.Vol.7 No. 1. Hal 9-18. ISSN: 2088-687x.
As’ari, R.A. dkk. (2017). Buku Guru Matematika.Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagama. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Indeks.
Lestari, K.E. & Mokhammad Ridwan Yudhanegara.(2017). Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: PT Refika Aditama.
NCTM.(2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA : NCTM.
Ningrum, Epon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis dan Contoh.Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Novianti, Marselina.(2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kanisius Gayam Yogyakarta Kelas VII C dalam Konteks Operasi Hitung Aljabar.Skripsi.Dalam http://repository.usd.ac.id/9943/1/121414024.pdf(diakses pada tanggal 10 Januari 2018).
Nuharini, Dewi. & Tri Wahyuni. (2008). Matematika Konsep dan Aplikasinya Untuk Kelas VII SMP dan MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Palinscar, A. & Brown, A. (1984).“Reciprocal Teaching of Comprehension-Fostering and Comprehension-Monitoring Activitiesâ€.Cognition and Instrucrion.Vol 1 No 2, hal 117-175.
Putri, Runtyani Irjayanti. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Di Kelas VII-D Smp Negeri 4 Magelang. Skripsi.Dalam http://eprints.uny.ac.id/2181/1/SKRIPSI_RUNTYANI._IP.pdf (diakses pada tanggal 6 Januari 2019).
Qohar, Abd.(2009).Pengunaan Reciprocal Teaching Untuk Mengembangkan Komunikasi Matematis.Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Hal 337-342.
Rachmayani, Dwi.(2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika. Vol. 2 No.1 hal 13-23. ISSN: 2338-2996.
Rofiah, Asiatul.(2010). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Depok Yogyakarta Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Inkuiri. Skripsi dalam https://core.ac.uk/download/pdf/11059799.pdf(diakses pada tanggal 10 Januari 2019).
Sardin & Mega Eriska Rosari Purnomo.(2015). Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Peningkatan Kreativitas Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS. Hal 224-223. ISBN: 978.602.361.002.0
Subhan.(2018).Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 4 Buteng.Skripsi, tidak diterbitkan. Baubau: Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Suherman, Erman., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Surono.(2017).Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa(Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 19 Bandar Lampung T.P. 2016-2017).Skripsi dalam http://digilib.unila.ac.id/28276/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf(diakses pada tanggal 7 Februari 2019).
Zahrina, Amna.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP.Skripsi.Dalam https://repository.ar-raniry.ac.id/5253/1/Amna%20Zahrina.pdf (diakses pada tanggal 9 Februari 2019)
DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v5i2.813
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail