Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VII

Nur'aini Mar'atush Sholihat, Kiki Nia Sania Effendi, Haerudin Haerudin Haerudin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII. Sampel pada penelitian ini sebanyak 36 siswa kelas VII J disalah satu sekolah menengah pertama yang berada di Kabupaten Karawang. Pengumpulan data dengan cara menyebarkan angket minat belajar dengan menggunakan bantuan google from dan tes kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan bantuan aplikasi whatsapp. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian correlational research. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini yaitu minat belajar matematika berada pada kategori cukup baik, dan nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis siswa masih berada dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Persentase koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 2%. Artinya 2 % variansi kemampuan komunikasi matematis dapat dijelaskan oleh variasi dari minat belajar matematika siswa. Sedangkan 98% lainnya dijelaskan oleh sebab-sebab diluar model regresi Akibat kecilnya koefisien determinasi, pengaruh minat terhadap kemampuan komunikasi matematis menjadi tidak signifikan. Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan minat belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII.

Kata Kunci:           Minat Belajar; Kemampuan Komunikasi Matematis; Siswa SMP Kelas VII

Full Text:

PDF

References


Andriani, D., Suhendri, H., & Liberna, H. (2019). Pengaruh Model pembelajaran Lightening The Learning Climate Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pesertadidik. SIGMA .

Ansari, B. I. (2018). Komunikasi Matematika Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: PeNA.

Hendriana, H., & Suemarmo, U. (2019). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Izzati, N. (2014). Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Edueksos .

Maula, Z., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan Antara Psychological Well-Being dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif Pada Siswa Pengguna Go-Pay Yang Menggunakan Promo Cashback di SMA Negeri 2 Semarang. Jurnal Empati , Volume 8, Nomor 3.

Nurhasanah, R., & Zhanty, L. S. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMA Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik. Journal On Education .

Pambudi, G. A., Widada, W., Nirwana, & Herawaty, D. (2020). Penagruh Model Pembelajaran Everyday Mathematics Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia .

Permendikbud. (2016). Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud. (2013). Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Qonaah, A., Pujiastuti, H., & Fatah, A. (2019, Maret). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa . Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika .

Rahmayani, S. R., & Effendi, K. N. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan Unsika , Volume 07 Nomor 01, Maret 2019.

Ritonga, H. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Mathematical Education Journal , Volume 01 Nomor 02, Juli 2019.

Somawati. (2016). Pengaruh Kecemasan dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Negeri di Kecamatan Pasar Rebo. Research and Development Journal of Education .

Sukardi, & Rozi, F. (2019, Desember). Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi Dengan Tutorial Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika .

Sutiawan, H., Suyono, & Wiraningsih, E. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think-Thalk-Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Disposisi Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa. Jurnal Penelitian pembelajaran Matematika .

Yunita, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia .




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.1888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search