Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik

Riza Umami, M Rusdi, Kamid Kamid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Produk Instrumen Tes untuk mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) berorientasi Programme for International Student Assesment (PISA) pada Peserta Didik yang berkategori layak digunakan. Produk yang dihasilkan meliputi dimensi kognitif, yakni instrumen tes essai berupa butir soal HOTS berorientasi PISA yang mencakup C4, C5, dan C6 dalam taxonomi Anderson dan Kartwohl dan dimensi afektif dan psikomotor berupa kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) menggunakan langkah pengembangan dari ADDIE  yang dikembangkan oleh Dick dan Carry (1996) yang diadopsi oleh Mulyatiningsih yang mencakup 5 langkah, yakni Analisis, Desain Pengembangan, Pelaksanaan Pengembangan, Penerapan dan Evaluasi . Berdasarkan hasil validasi produk oleh ahli, dihasilkan instrumen tes untuk mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) berorientasi Programme for International Student Assesment (PISA) pada Peserta Didik. Prosedur penggunaan instrumen tes dikatakan mudah dan baik berdasarkan hasil validasi oleh praktisi dan hasil uji coba perorangan, dampak dari penggunaan instrumen tes ini dapat membuat peserta didik menjadi lebih berwawasan luas serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif.

 

Kata Kunci: Research and Development (R&D); instrumen tes; Higher Order Thinking Skills (HOTS); Programme for International Student Assesment (PISA).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search