Etnomatematika: Eksplorasi seni ukir Jepara

Rahmi Nur Fitria Utami, Redi Hermanto, Dedi Muhtadi, Sukirwan Sukirwan

Abstract


Matematika adalah ilmu tentang pola, struktur, dan representasi benda yang tumbuh dan berakar pada kehidupan nyata. Pola, struktur, dan bentuk benda-benda tersebut dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan penerapan konsep matematika yang terintegrasi dalam adat budaya yang disebut etnomathematika. Salah satu konsep matematika tersebut terdapat pada ukiran Jepara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif untuk mendeskripsikan filosofi seni pahat Jepara, unsur-unsur matematika dalam seni pahat Jepara, dan keterkaitan antara kedua fokus studi tersebut. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pengrajin ukiran Jepara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Seni ukir Jepara kaya akan filosofi, meliputi nilai, ajaran, dan kepercayaan yang berkaitan dengan agama, akhlak, dan budaya yang melatarbelakangi ukiran Jepara, (2) unsur matematika terintegrasi dalam pola pikir pengrajin dan diterapkan dalam pembuatan ukiran Jepara, termasuk kegiatan matematika yang berkaitan dengan berhitung, mencari lokasi, mengukur, dan merancang, serta konsep matematika yang berkaitan dengan titik, garis, sudut, gradien, geometri datar, lingkaran, bentuk geometris, kekosongan, dan transformasi geometri refleksi. dan rotasi, (3) filosofi dan unsur matematika secara bersama-sama berperan penting dan mendukung keberadaan seni ukir Jepara menjadi seni yang kaya nilai.


References


Agus, N.A. (2008). Mudah Belajar Matematika: untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Alexander, D.C., & Koeberlein, G.M. (2020). Elementary Geometry for College Students (7th ed). Boston, MA, USA: Cengage Learning.

Bishop, A. J. (1997). The Relationship between Mathematics Education and Culture. In Opening address Delivered of Iranian Mathematics Education Conference. Kermannshah, Iran. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/255590052

Creswell, J.w., Pancasari, R.K. (Trans.), & Fawaid A. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (4th ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the learning of Mathematics, 5(1), 44-48. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/ 40247876

Dalidjo, D. & Mulyadi. (1983). Pengenalan Ragam Hias Jawa IA. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Dowling, P. (1991). The Contextualizing of mathematics: Towards a Theoretical Map. In M. Harris (Ed.), Schools, Mathematics, and Work (pp. 93-120). London, England: Falmer Press.

Downing, D. (2009). Dictionary of Mathematics Term (3rd ed). New York: Barron’s Educational Series.

Dudeja, V., Madhavi, V., & Ali, M. (2014). Jelajah Matematika 1 SMP Kelas VII (2nd ed). Jakarta: Yudhistira.

Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Universitas Hamzanwadi Press.

Gerdes, P. (1994). Reflection on Ethnomatematics. For the Learning of Mathematiccs, 14(2), 19-21. Retrieved from https://flm-journal.org/Articles/1CC7C4A1B63D66ADF10C6D5AE98E58. pdf

Gustami, S.P. (2000). Seni Kerajinan Mebel Ukir Jepara: Kajian Estetik Melalui Pendekatan Multidisiplin. Yogyakarta: Kanisius.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Matematika Kelas VIII SMP/MTS Semester 2 (Rev ed). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Buku Guru Matematika SMP/MTS Kelas IX (Rev ed). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kurniasih, M.D., & Handayani, I. (2017). Tangkas Geometri Transformasi: Cepat Tepat Menguasai Geometri Transformasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Muhtadi, D., Sukirwan, Warsito, & Prahmana, R.C.I. (2017). Sundanese Ethnomathematics: Mathematical Activities in Estimating, Measuring, and Making Patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185-198. Doi:10.22342/jme.8.2.4055.185-198

Muhadi, D., Sukirwan, & Warsito (2019). Ethnomathematics on Sundanese belief symbol. International Journal of Innovation, Creativity and Change. 10(2) 44-55. https://www.ijicc.net/images/vol10iss2/10207_Muhtadi_2019_E_R.pdf

Nangoy, O.M. & Sofiana Y. (2013). Sejarah Mebel Ukir Jepara. Jurnal Humaniora, 4(1), 257-264. doi:10.21512/humaniora.v4i1.3436

Nasution, A.H. (1980). Landasan Matematika. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.

Purnomo, R. & Kusumandyoko, T.C. (2017). Perancangan Typeface dengan Tema Motif Ukir Jepara. Jurnal Seni Rupa, 5(3), 565-573. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index. php/va/article/view/21618

Rahmawati, A., Triyanto, & Iswidayati, S. (2017). Seni Relief Desa Senenan: Kajian Estetik, Fungsi, dan Pewarisannya di Sanggar Jepara Carver. Catharsis: Journal of Arts Education, 6(1), 28-37. Doi:10.15294/catharsis.v6i1.17029

Reys, et al. (1984). Dasar – Dasar Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2007). Cultural Assertions and Challenges Towards Pedagogical Action of an Ethnomathematics Program. For the Learning of Mathematics, 27(1), 10-16. Retrieved from https://flm-journal.org/Articles/7E5EFFA4B24CB97110973C060200F3.pdf

Soepratno, B.A. (2004). Ornamen Ukir Kayu Tradisional Jawa 1: Keterampilan Menggambar dan Mengukir Kayu. Semarang: Effhar dan Dahara Prize.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (2nd ed). Bandung: Alfabeta.

Sukasno. (2012). Problematika Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Perspektif Pendidikan, 5(1), 107-114. Retrieved from https://www.ojs.stkippgrilubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/ article/view/354

Sunarto, A. (2009). Ornamen Nusantara: Kajian Khusus Tentang Ornamen Indonesia. Semarang: Dahara Prize.

Utami, R.N.F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, & Hamid, H. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi Candi Borobudur. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 6(1), 13 – 26. Doi:10.37058/jp3m.v6i1.1438




DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail


Diindex oleh:
Sinta DOAJ BASE - Bielefeld Academich Search Engine ROAD CiteFactor DRJI Indexed Journal Moraref One Search