Kemampuan Representasi Visual Matematis Siswa Pada Konteks Taman Segitiga Emas Kayuagung
Abstract
Representasi visual matematis merupakan sebuah kemampuan yang perlu dikembangkan pada siswa untuk menyelesaikan sebuah persoalan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam mengerjakan soal-soal matematika dengan menggunakan konteks Taman Segitiga Emas Kayuagung. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 5 orang siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kayuagung tahun pelajaran 2022-2023. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal matematika dengan konteks Taman Segitiga Emas Kayuagung, dan instrumen pendukung berupa wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis dan pembahasan terhadap jawaban para siswa dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi visual matematis siswa pada konteks Taman Segitiga Emas Kayuagung sebagian besar tergolong sangat baik.
Kata Kunci:Â representasi visual, konteks, taman segitiga emas kayuagung.
Â
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v9i1.6032
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail