PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN MELALUI PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN PROGRAM LINEAR BERBANTU MEDIA METODE COMMUNITY BASED PARTICIPATORY ACTION RESEARCH
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogis pada khalayak sasaran guru-guru matematika KMM MA Kota Tasikmalaya secara bertahap, berjenjang dan berkesinambungan melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode Community Based Participatory Action Research yang terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu permasalahan dan perencanaan melalui In Service Learning-1, tindakan dan observasi melalui  On Service Learning serta diseminasi dan refleksi melalui In Service Learning-2 . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, diseminasi dan dokumentasi. Dari serangkaian kegiatan yang dilakukan, kegiatan PKB ini telah terlaksana sesuai dengan perencanaan. Khalayak sasaran telah memiliki bekal kemampuan menyajikan pembelajaran program linear berbantu media pembelajaran. Khalayak sasaran juga sudah mampu mengindentifikasi kendala dan alternatif solusinya.
Â
Kata kunci : Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Participatory Action Research, Â Â Program Linear
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v9i2.6196
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2017 JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika)
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanÂ
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jp3m@unsil.ac.id
e-ISSN: 2581-2807 ; p-ISSN: 2460-8599
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
StatCounter:
Detail