Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Pada Anak di Era 4.0 (Kampung KarangPilang RT 06 RW 02 Surabaya)

Nabila Kamaliya, Isa Anshori

Abstract


Abstrak

Berkembangnya teknologi memiliki dampak pada perubahan anak, khususnya dalam proses pembelajaran. Permasalah dalam pesatnya teknologi ini membuat anak kecanduan bermain gadget yang menyebabkan anak berkurangnya jam belajar dan orang tua yang fokus dengan pekerjaan yang menyebabkan anak kurang motivasi dan dukungan dari orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendorong dan membangun pendampingan pada anak, komunitas karang taruna Kampung KarangPilang RT 06 RW 02 Surabaya membangun progam kerja “Sinau Bareng” untuk menciptakan kemudahan bagi para orangtua maupun anak dalam belajar dan menggunakan internet. Metode dalam penelitian ini mengggunakan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Field research adalah penelitian lapangan dengan memanfaatkan informasi yang bersumber dari responden melalui instrument pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan sebagainya. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat di daerah Kampung Karangpilang. Hasil dari Progam ini melibatkan anak-anak muda terutama komunitas Karang Taruna RT setempat melakukan kegiatan yang berkreativitas dan berkompetensi. Dalam kegiatan "Sinau Bareng" terdapat beberapa metode pembelajaran yaitu metode baca, memahami, ungkapkan, metode calistung, metode bernyanyi, metode gerak tubuh dan metode bermain. Terdapat pendorong dan penghambat kegiatan "Sinau Bareng". Dan program kerja "sinau bareng" Ada 2 yaitu Jamubangsa adalah sebuah kegiatan pinjam buku buang sampah yang dimaksud meminjam buku dengan menukar botol bekas. Dan Hadrah yang di laksanakan untuk mengisi waktu senggang kakak Karang Taruna dan adik-adik ini yang dinaungi oleh Pak Tri Yuli Susanto selaku RT 06 RW 02 Karangpilang. Dengan ini diharapkan menjadi keseimbangan antara ilmu pendidikan dengan penggunaan gadget. Begitupun Dampak terlaksananya kegiatan ini memberikan dampak yang sangan baik untuk anak-anak Kampung Karangpilang.


Keywords


Strategi Pembelajaran, Efektivitasi Belajar, Kemajuan Teknologi

Full Text:

PDF

References


Anshori, I. & Illiyyin, Z. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran di Mts Al-Asyhar Bungah Gresik. Islamiic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. [online] https://doi.org/10.30868/im.v3i02.803

Anshori, I., Islam, U., Sunan, N., Surabaya, A., Ahmad, J., No, Y., & Wonosari, J. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah Isa Anshori Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Jl. Ahmad Yani No.117. Jemur Wonosari. Surabaya. 1(2), 63–74. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243

Aziz, T. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Islamisasi Ilmu Pengetahuan Di Era Revolusi Industri 4.0. 1(2), 308–318.

Budi, S.,& Anshori, I. (2020). Analisis Efektivitas Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. 11(1)

Fatimah. & Dewi, R. (2018). Strategi belajar & pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. 108–113.

Hafid, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis infografis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. 7(1), 11–20.

Lestari, W. (n.d.). EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI. 2(3), 170–181.

Maulidina, H. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia, Jurnal Buana Pengabdian 1(2), 1–13.

Mudani, U., Abdullah, K., Azis, A., Penelitian, P., & Pendidikan, K. (2019). Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai terhadap Pengembangan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 7(1).

Zannah, F., & Sari, I. (2020). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Mahasiswa PGSD UM Palangkaraya. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. 01(2), 1–23.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v9i1.9227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944