SOSIALISASI MICRO SISTEM DATA KEPENDUDUKAN UNTUK MEMBANTU KELURAHAN SUKAMANAH DALAM MENCATAT DATA PERISTIWA PENDUDUK

Vepi Apiati, Witri Nur Anisa, Satya Santika

Abstract


Di Negara berkembang seperti Indonesia pengumpulan data penduduk umumnya masih kurang lengkap karena banyak peristiwa yang tidak dilaporkan dan data kurang rinci sehingga kurang memadai untuk berbagai analisis kependudukan. Kelurahan Sukamanah yang berada di kecamatan Cipedes kota Tasikmalaya belum memiliki system yang dapat menghitung jumlah penduduk dengan baik dan akurat. Penghitungan jumlah data penduduk di kelurahan Sukamanah masih dilakukan secara manual, sehingga data jumlah penduduk pun menjadi simpang siur, ada yang mengatakan 21.000 jiwa ada juga yang menyatakan 23.000 jiwa. Karena hal tersebut, maka perlu ada suatu system yang membantu dalam pengakuratan atau pemutakhiran data peristiwa penduduk di kelurahan Sukamanah. Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang ada di mitra yaitu di kelurahan Sukamanah dan kecamatan Cipedes, maka peneliti mencoba memberikan solusinya yaitu penerapan sebuah aplikasi atau system yang dapat membantu mitra dalam pengakuratan data peristiwa penduduk. Aplikasi tersebut peneliti sebut dengan MICROSIAK yaitu Micro System Data Kependudukan. Berdasarkan pada target-target yang ingin dicapai dalam kegiatan Iptek Tepat Guna bagi Masyarakat ini, maka luaran yang ingin dihasilkan adalah: menghasilkan sebuah sistem yaitu MICROSIAK (Micro System Data Kependudukan) yang dapat membantu dalam proses pendataan peristiwa penduduk, meningkatkan Sumber Daya Manusia dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, pemutakhiran data peristiwa penduduk, menghasilkan publikasi ilmiah yang diterbitkan pada Jurnal Nasional.

 Kata Kunci: Kelurahan Sukamanah, MICROSIAK


Full Text:

PDF 132-136

References


Warsidi. 2011. Membangun Sistem informasi Kependudukan di desa: http://www.warsidi.com/2011/12/membangun-sistem-informasi-kependudukan.html. (diakses 01 April 2016).

BPS Kota Tasikmalaya, 2015.

Ahmad Lamusu, dan Zulkifli. 2015. Pemberdayaan Kelompok Ekonomi Produktif, Penataan Administrasi Desa dan Pembinaan Kebugaran Jasmani Masyarakat di Desa Motihelumo Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara: Repository.ung.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.