IbBM WORKSHOP PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU MTs NEGERI 7 TASIKMALAYA DI KECAMATAN SALAWU KABUPATEN TASIKMALAYA

Ebih Abdul Rachim Arhasy, Yeni Yeni Heryani, Sri Tirto Mada Madawistama

Abstract


Guru adalah merupakan tenaga professional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan bimbingan dan pelatihan. Di sini saja sudah jelas bahwa seorang guru adalah merupakan arsitek dalam pembelajaran sekaligus juga sebagai pelaksana termasuk di dalamnya melakukan evaluasi. Hal ini dipertegas lagi dalam pasal 40 UU Sisdiknas yang menyatakan bahwa pendidikan dan tenaga kependidikan berkewajiban menciptakan suasasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis; mempunyai komitmen secara professional untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikannya. Fakta di lapangan menunjukkan masih banyak guru MTsN 7 Tasikmalaya yang memiliki golongan dibawah golongan IV dan hanya beberapa orang saja yang sudah menempati golongan IVa dan IVb. Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa terdapat kesulitan untuk naik ke golongan, hal ini disebabkan guru mengalami hambatan dalam melaksanakan aturan kenaikan golongan, di antaranya menulis karya ilmiah dan membuat laporan hasil penelitian tindakan kelas. Oleh karena itu kami sebagai tim pengabdian pada masyarakat berupaya untuk mengatasi hal tersebut dengan melakukan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi guru MTs Negeri 7 Tasikmalaya Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya. Jumlah peserta workshop sebanyak 32 orang. Luaran yang  dihasilkan dari Workshop ini yaitu:Buku panduan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan contoh-contoh penerapan model-model pembelajaran.; Setiap guru dapat menghasilkan sebuah PTK; Setiap guru dapat membuat PTK berkualitas secara berkesinambungan.; Laporan hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat pada skim IbBM ini dapat dipublikasikan pada  Jurnal Pengabdian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.