PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SMP NEGERI 5 WATUMALANG

Alfi Susanti, Ahmad Khoiri, Kurniawati Mutmainah, Nurma Khusna Khanifa, Romandhon Romandhon

Abstract


Peningkatan literasi dan numerasi di kalangan siswa sekolah menengah pertama menjadi fokus utama dalam upaya memperkuat fondasi pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas Program Kampus Mengajar dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SMP Negeri 5 Watumalang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, yang melibatkan siswa, guru, dan mahasiswa yang tergabung dalam Program Kampus Mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan literasi dan numerasi siswa, terutama melalui metode pembelajaran yang lebih interaktif dan pendekatan pembelajaran yang kontekstual. Selain itu, peran mahasiswa sebagai fasilitator belajar juga memberikan motivasi tambahan bagi siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar. Secara keseluruhan, Program Kampus Mengajar dinilai berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 5 Watumalang, meskipun masih terdapat ruang untuk pengembangan lebih lanjut.


Full Text:

PDF

References


Kemendikbud, K. P. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Retrieved from kemdikbud.go.id.

Aan Widiyono, S. I. (2021). IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR MELALUI KAMPUS MENGAJAR PERINTIS DI SEKOLAH DASAR. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-an , 102-107.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan , Volume 9Issue 1 2021 Pages 210-220.

Creswell, J. W. (2014). Research Design. Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches (4th Ed.). Sage Publications, Inc.

Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika , 2579-4248.

Flick, U. (2018). In An Introduction to Qualitative Research. SAGE Publications.

Flick, U. (2018). An Introduction to Qualitative Research. SAGE Publications.

Gerring, J. (2017). In Case Study Research: Principles and Practices. Cambridge University Press.

Istichomaharani, S. d. (2016). Peran Mahasiswa sebagai Agen Perubahan dalam Masyarakat. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran , Volume 3, Halaman 45-58.

Leila Vaismoradi, H. T. (2016). Content analysis and thematic analysis: Implications for conducting a qualitative descriptive study. Nursing & Health Sciences , Volume 18, Halaman 398–405.

Lestari, S. (2021). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta. JURNALBASICEDU , Volume 5 Nomor 6 Tahun 2021 Halaman 6426 - 6438.

Meiliana, I. K. (2020, 28 27). Ini Penjelasan Mendikbud Nadiem soal Konsep Merdeka Belajar. Retrieved 08 13, 2024, from Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2020/08/27/16515301/ini-penjelasan-mendikbud-nadiem-soal-konsep-merdeka-belajar

OECD. (2022). OECD PISA 2022 Results - Country Notes: Indonesia. Retrieved 9 15, 2024, from oecd.org: https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html

Poth, J. W. (2018 (Edisi ke-4)). In Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications.

Susanti, A. (2023). LAPORAN AKHIR Program Kampus Mengajar Angkatan 5 “Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 5 di SMP Negeri 5 Watumalang Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo”. Wonosobo: UNSIQ.

Yin, R. K. (2018 (Edisi ke-6)). Case Study Research and Applications: Design and Methods. SAGE Publications.

Yin, R. K. (2014). Case Study Research: Design and Methods. SAGE Publications




DOI: https://doi.org/10.37058/jsppm.v10i1.12702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pengabdian Siliwangi
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No.24 Kota Tasikmalaya
email: jsppm@unsil.ac.id

e-ISSN: 2477-6629 ; p-ISSN: 2615-4773

 

View My Stats