PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS E-LEARNING UNTUK GURU-GURU KKM DI LINGKUNGAN KEMENAG KABUPATEN TASIKMALAYA

Yusuf Supriyono, Nita Sari Narulita Dewi, Ruslan Ruslan

Abstract


Peningkatan kualitas guru senantiasa harus menjadi program utama dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Sayangnya, program pemerintah dalam program pengembangan guru (teachers development program) sangat terbatas dan belum menjangkau seluruh guru yang tersebar di seluruh daerah, baik di perkotaan maupun di pelosok-pelosok terpencil, sehingga kualitas guru sangat bervariatif, mulai dari kualitas high-tech sampai pada manual atau tradisional. Maka upaya pemerataan program untuk peningkatan kualitas guru harus dilakukan secara terencana, terlaksana dan terevaluasi dengan baik. Workshop e-learning pembelajaran bahasa Inggris bagi guru-guru KKM di lingkungan Kemenag Kabupaten Tasikmalaya hadir sebagai upaya problem solving terhadap kesenjangan di atas,   Program ini diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Kecamatan Cikatomas (21 orang), dan KKM Kecamatan Singaparna (19 orang) dan berlangsung selama dua bulan. Data  dikumpulkan melalui instrument kuesioner, journal, dokument, dan test, sehingga kinerja peserta dan instruktur selama pelaksanaan program dapat terkontrol dan terukur. Kegiatan ini bertujuan agar para guru-guru KKM memiliki kompetensi bahasa Inggris (content knowledge) dan kemampuan mengajar (pedagogical knowledge) yang lebih baik serta mampu mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran (technological pedagogical knowledge), dan kemampuan mengevaluasi dan mengorganisasi bahan ajar dan penyusunan bahan evaluasi (pedagogical content knowledge).  Pembelajaran bahasa Inggris berbasis e-learning ini diharapkan pula mampu membantu pemerintah, sekolah atau guru dalam bidang peningkatan profesionalitas guru seperti yang diamanatkan dalam UU NO 14/2005 tentang Guru dan Dosen, khususnya di KKM Kemenag  Kabupaten Tasikmalaya.

Kata Kunci: E-Learning, Program Pengembangan Guru, Profesionalitas Guru, Pembelajaran Bahasa Inggris


Full Text:

PDF 176-179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.