KETAHANAN PANGAN MELALUI BUDIDAYA LELE DAN SAWI

Euis Rosidah, Tedi Rustensi, Rani Rahman, irman firmansyah

Abstract


Tujuan dan target khusus kegiatan pengabdian pada masyarakat pada skema ketahanan pangan ini diperuntukkan kepada masyarakat yang terkena dampak COVID-19 yang berlokasi di Desa Margahayu Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Pentingnya ketahanan pangan bagimasyarakat yang terkena dampak pandemic ini adalah untuk keberlanjutan hidup di era New Normal untuk mempertahankan hidup sehingga harus ada kemandirian kegiatan yang akan menjaga sustainabilitas.

Permasalahan yang diangkat adalah minimnya sumber daya manusia yang mampu berkreasi dan berinovasi dengan baik mengenai aktivitas yang mampu memberikan nilai ekonomis. Biasanya masyarakat akan bekerja pada pihak lain yang belum tentu dapat diterima, sedangkan saat ini semua masyarakat sama-sama membutuhkan pekerjaan. Oleh karena itu harus ada kreasi dan inovasi kegiatan yang dapat merangsang masyarakat untuk menjalankan kegiatanannya yang memberikan nilai ekonomis khususnya pada masyarakat yang terkena dampak COVID-19.

Hasil survey awal ditemukan bahwa di daerah Desa Manonjaya terdapat masyarakat yang kehilangan pekerjaannya, sehingga untuk menyambung hidupnya dibutuhkan kegiatan yang dapat menumbuhkan ketahanan pangan dalam jangka panjang dan dapat terlaksana secepatnya. Oleh karena itu, pelatihan dan pemberian ternak lele dan sawi dirasa memberikan rangsangan yang baik karena proses produksi yang cepat dengan hasil yang baik. Kemudian kegiatan tersebut dapat dijalankan selanjutnya dengan sendiri sehingga ketahanan pangan dapat terjaga terus-menerus.

Hasil kegiatan menunjukkan adanya kemampuan masyarakat dan motivasi yang tinggi untuk melakukan budidaya ikan lele dalam ember karena biaya yang harus dikeluarkan cukup mudah dan mudah dalam mengelolanya. Sehingga untuk menjaga pangan sehari-hari dapat dilakukan melalui budi daya tersebut tanpa harus banyak mengeluarkan biaya.

Full Text:

PDF

References


CNN Indonesia. 2020. “Ancaman Krisis Pangan, Jokowi Minta BUMN Buka Sawah Baruâ€. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200428153728-532-498111/ ancaman-krisis-pangan-jokowi-minta-bumn-buka-sawah-baru.

Purwaningsih, Yunastiti. 2008. Ketahanan Pangan: Situasi, Permasalahan, Kebijakan, dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, vol. 9, No. 1

Republika.co.id, 2020. Pentingnya Ketahanan Pangan Bagi Kesejahteraan Masyarakat. https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/03/30/o4ul4a359-pentingnya-ketahanan-pangan-bagi-kesejahteraan-masyarakat

UUD 1945

Undang -Undang No. 7 tahun 1996 tentang Pangan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.