OPTIMALISASI LAHAN PEKARANGAN UNTUK MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Jajang Badruzaman, Rd. Neneng Rina Andriani, Desiana Desiana, Wildan Dwi Dermawan

Abstract


Tujuan dan target khusus kegiatan pengabdian pada masyarakat pada skema ketahanan pangan  ini untuk masyarakat di Desa Margahayu Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya yang terkena dampak Pandemi COVID-19. Keberlangsungan hidup merupakan alasan penting diadakannya ketahanan pangan bagi masyarakat yang terkena dampak pandemic ini dengan harapan agar mampu bertahan hidup di era New Normal oleh karena itu harus ada kegiatan mandiri yang akan menjaga keberlangsungan hidup tersebut. Banyaknya pekerja yang dirumahkan atau bahkan pemutusan hubungan pekerjaan serta sedikitnya sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif menghasilkan sesuatu bernilai tambah menjadi suatu permasalahan yang diangkat pada kegiatan ini. Maka dari itu, harus adanya kreasi dan inovasi kegiatan mandiri yang dapat menstimulus masyarakat yang terkena dampak COVID-19 agar menjalankan kegiatan yang memberikan nilai ekonomis.Hasil pelaksanaan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) dengan adanya kegiatan pemberian langsung sarana dan prasarana sistem budidaya aquaponik dan caisim akan menambah sumber pangan bagi Masyarakat. Selain itu juga, sebagai alternatif mata pencaharian yang akan meningkatkan pendapatan pada masa pandemi COVID – 19. Kegiatan berikutnya yaitu memberikan konsep, teori dan praktek sistem budidaya aquaponik dan caisim menjadikan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan Mitra menjadi meningkat sehingga ketahanan pangan pada masa pandemi COVID – 19 terwujud. 

Kata kunci: ketahanan pangan, aquaponik, lele, caisim, COVID-19.


Full Text:

PDF

References


FAO. “During the Pandemic, FAO asks people to buy food from small businesses and appreciate farmers.†30 April 2020. http://www.fao.org/indonesia/news/detail-events/en/c/1273448/. Diakses pada 2 Mei 2020.

Rosales, G., and Mercado, W. 2020. Effect of changes in food price on the quinoa consumption and rural food security in Peru. Scientia Agropecuaria 11(1): 83-93.

Siche, Raul. 2020. What is the impact of COVID-19 disease on agriculture?. Scientia Agropecuaria 11(1): 3 – 6 (2020). Ciudad Universitaria: Trujillo, Peru.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012. Pangan. 17 November 2012. Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2012 nomor 227. Jakarta; 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.