PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN DENGAN TOMAT (Licopersicum esculentum Mill.) DALAM RANGKA PEMENUHAN PANGAN MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19

Dedi Natawijaya, Ida Hodiyah, Asep Kurnia Hidayat, Suhendra Suhendra

Abstract


Pemanfaatan lahan pekarangan pada masa pandemi covid-19 merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan oleh masyarakat petani khususnya dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga sehari-hari. Adanya bencana wabah covid-19 yang melanda seluruh belahan dunia telah mengganggu perekonomian masyarakat terutama yang berpenghasilan menengah ke bawah. Oleh karena itu perlu dilakukan berbagai upaya dalam membantu masyarakat terutama yang terkena dampak ekonomi melalui penyediaan pangan yang mudah dan murah. Untuk mendukung himbauan pemerintah, diantaranya adalah melakukan kegiatan di rumah, maka untuk mengisi kegiatan bagi sebagian masyarakat terkena dampak ekonomi dari adanya pandemi Covid-19, sangat perlu wawasan keterampilan dan menyelesaikan persoalan ketersediaan pangan bagi keluarga. Tujuannya agar masyarakat tidak selalu tergantung kepada adanya pemberian bantuan dari pemerintah atau pihak lain. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah penyuluhan dan pelatihan tentang teknik budidaya tanaman Tomat di pekarangan , serta pemberian bantuan sarana produksi pertanian terbatas untuk di lahan pekarangan. Dari hasil pelaksanaan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa masyarakat di lokasi mitra belum mengoftimalkan pemanfaatan lahan pekarangan meskipun di lokasi mitra cocok dikembangkan tanaman Tomat, ini disebabkan karena kurangnya informasi dan keterampilan petani. Perlu adanya peran serta pemerintah untuk melakukan penyuluhan tentang pemanfaatan lahan pekarangan dengan model penanaman di dalam pot sehingga dapat memenuhi sebagian dari kebutuhan pangan keluarga.

Full Text:

PDF

References


Arab, L dan S. Steck. 2000. Lycopene and Cardiovaskular Disease. Am. J. Clin. Nutr. 7(1) : hal. 1691-1695.

Arida, A; Sofyan;dan Fadhiela, K. 2015. Analisis Ketahanan Pangan Rumah Tangga Berdasarkan Proporsi Pengeluaran Pangan dan Konsumsi Energi . Studi Kasus Pada Rumah Tangga Petani Peserta Program Desa Mandiri Pangan di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Agrisep 16(1): hal. 20 – 34.

Agarwal, S dan A.V. Rao. 2000. Role Of Antioxydant Lycopene In Cancer and Heart Diseases. Journal of the American College of Nutrition, 19 (5) : 563-569. Ismalia, N dan Zuraida, R . 2016. Efek Tomat (Lycopersion esculentum Mill) dalam Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Jurnal Majority 5(4) : hal. 107-111

Ismalia,N dan Zuraida, R . 2016. Efek Tomat (Lycopersion esculentum Mill) dalam Menurunkan Tekanan Darah Tinggi . Jurnal majority 5 ( 4): hal. 107-111.

Laurentius H. Maturbongs . 2008. Penguatan sistem pangan untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Wilayah dan Rumah Tangga sebagai Basis Keta hanan Pangan nnasional. Jurnal Agroforestri 3 (1) : hal. 21-27.

Mappiratu, Nurhaeni dan Ila Israwaty . 2010. Pemanfaatan Tomat Afkiran untuk Produksi Likopen. Media Litbang Sulteng : 3(1) : hal. 64 – 69.

Rao, A.V dan S. Agarwal. 1998. Bioavailability and in vivo antioxidant properties of lycopene from tomato products and their possible role in prevention of cancer. Nutr. Cancer, 31 : hal. 199 – 203.

.

Winanto, W.P dan T. Lentera. 2004. Manfaat Tanaman Sayur Untuk Mengatasi Aneka penyakit. Agromedia Pustaka, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.