OPTIMALISASI PEMANFAATAN PEKARANGAN RUMAH DALAM MENUNJANG PROGRAM KETAHANAN PANGAN BAGI MASYARAKAT DI DESA SUKAMAHI KECAMATAN SUKARATU KABUPATEN TASIKMALAYA

Yuyun Yuniasih, Agi Rosyadi, Dede Arif Rahmani, Nana Sahroni

Abstract


Jika dilihat dari sektor ekonomi, tahun 2020 ini merupakan tahun yang cukup sulit karena terjadi pandemic covid-19. Banyak sektor usaha yang terkena dampaknya, tidak hanya usaha besar tapi juga sampai pada usaha kecil atau usaha rumahan juga turut terkena imbas dari adanya pandemic ini. Segala kegiatan diusahakan dilakukan di rumah. Permasalahan yang terjadi adalah masih banyak masyarakat yang bingung apa yang harus dilakukan jika semuanya harus dilakukan di rumah, sedangkan hidup harus terus berjalan. Masyarakat dihadapkan pada situasi yang serba tidak menentu, mau jenis usaha apa di rumah, seperti apa proses pelaksanaan usaha tersebut, siapa pangsa pasarnya, strategi pemasarannya seperti apa dan berapa penghasilan yang bisa didapat dari usaha tersebut. Ketidakjelasan tersebut menjadi inti permasalahan yang harus dipecahkan, bagaimana caranya dapat bertahan di situasi pandemic sekarang. Kondisi keuangan keluarga juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan agar tetap bisa bertahan dan bangkit dari situasi terpuruk ini. Optimalisasi pemanfaatan pekarangan rumah melalui inovasi budidaya sayuran secara hidroponik menjadi salah satu solusi yang dapat dilakukan agar masalah pangan tidak menjadi hambatan dalam mendukung program pemerintah untuk tetap di rumah saja. Sehubungan dengan hal tersebut, maka dilakukan pelatihan dan pendampingan mengenai cara bercocok tanam dengan Teknik Hidroponik meliputi jenis apa saja sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah, seperti apa media yang digunakannya, bagaimana cara memelihara sayuran tersebut, standar sayuran yang layak jual sampai pada semua anggaran biaya kepada para aparatur desa dan anggota PKK di Desa Sukamahi Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya. Pelaksanaan pembinaan ini akan menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD), on site training maupun out site training. Melalui pelatihan dan pendampingan ini diharapkan terdapat peningkatan pemahaman tentang pentingnya potensi lingkungan dan pemanfaatan pekarangan rumah.

Kata kunci: Optimalisasi Pekarangan, Ketahanan Pangan, Strategi Pemasaran


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Cahya, D.L.2014. Kajian Peran Pertanian Perkotaan Dalam Pembangunan Perkotaan Berkelanjutan (Studi Kasus: Pertanian Tanaman Obat Keluarga di Kelurahan Slipi, Jakarta Barat). Forum Ilmiah Volume 11 Nomor 3. Hal 324-333.

Evan D.G. 2002. Urban Ecology in Bangkok Thailand: Community Participation, Urban Agriculture and Forestry, Environments 30 (1)

Handayani, W., P. Nugroho, dan D. O. Hapsari. 2018. Kajian Potensi Pengembangan Pertanian Perkotaan di Kota Semarang. Riptek Vol. I2, No. 2: 55-68

Lingga, P. 2005. Hidroponik Bercocok Tanam Tanpa Tanah. Jakarta: Penebar Swadaya.

Nurlela. Siti. (2015). Kemampuan menyusun laporan keuangan usaha Kecil menengah pengaruhnya terhadap Kinerja UKM kerajinan gitar Di kabupaten sukoharjo Jurnal Paradigma Vol. 12, No. 02. ISSN:1693-0827.

Shalilah NF. 2020. Total 1,9 Juta Pekerja Di-PHK dan Dirumahkan akibat Pandemi Virus Corona", https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/19/081000465/total-19- juta-pekerja-di-phk-dan-dirumahkan-akibat-pandemi-virus-corona?page=all.

Soekartawi. 2005. Agribisnis Teori dan Aplikasi . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sutiyoso, Y. 2006. Hidroponik Ala Yos. Penebar Swadaya. Jakarta. 96 hal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.